Pengalaman Belajar Menyelam Scuba Diving PADI di Koh Tao, Thailand

Pengalaman Belajar Menyelam Scuba Diving PADI di Koh Tao, Thailand

          Scuba Diving mungkin masih terdengar asing dikalangan orang Indonesia walaupun negara kita memiliki banyak diving spot yang sudah terkenal luar negeri, antara lain di Bali, Bunaken, Gili, Wakatobi, sampai Raja Ampat. Pertama kali aku mendengar tentang scuba diving adalah ketika aku kuliah di UGM dan salah satu klub universitas adalah diving club. Tapi, pada waktu itu aku tidak tertarik untuk belajar menyelam karena berpikir menyelam adalah olah raga yang menyeramkan.

Pengalaman belajar menyelem adalah salah satu pengalaman yang ngga terlupakan. Is it worth it? jawabannya adalah IYA hehe, walaupun awalnya agak nerves karena kedalaman, tapi kita bisa menikmati ke indahan bawah laut yang berbeda dengan snorkling.  

Apa itu Sertifikat Scuba Dive PADI ?

                 Ada 2 lembaga yang paling populer dikalangan penyelam atau divers di seluruh dunia yaitu PADI dan SSI. Kedua-duanya mempunyai standar yang sama dalam mengajarkan teknik menyelam dan diakui diseluruh dunia. Perbedaanya adalah untuk PADI kita akan mendapatkan buku online manual menyelam, sedangkan SSI akan meminjamkan buku manual, tanpa harus membeli. Kenapa aku memilih PADI? Waktu itu sekolah menyelam yang aku tuju memiliki paket akomodasi + belalar menyelam PADI yang menarik, jadi aku tertarik memilih PADI. 

Ada beberapa pelatihan atau courses yang ada, antara lain:

1. Discovery Scuba: Perkenalan tentang apa itu scuba diving.

2. Open Water Course (Kedalaman maksimal 18m): Tahapan awal untuk belajar scuba diving. Disini kita akan mengenal tentang cara-cara dan teknik dasar menyelam.

3. Advance Water Course(Kedalaman maksimal 30 m): Tahapan pelatihan setelah Open Water Course, disini lebih mengutamakan pengalaman, sehingga pada tahap ini, penyelam/divers akan lebih sering menyelam dan diajarkan teknik menyelam lebih dalam dan menyelam pada malam harı (Night Dive)

4. Dive Master Course: Tahapan elite untuk para diver karena untuk mengikuti pelatihan ini diharuskan untuk mengikuti berapa diving training, seperti Rescue Diving Course dan memiliki pengalaman 50 kali menyelam. Pelatihan ini di khususkan untuk para penyelam atau divers yang ingin mengajar dan menjadi instruktur scuba diving atau bekerja sebagai dive tour guide. 

Tempat latihan menyelam

Kenapa Belajar Menyelam di Koh Tao?

“Why do you want to learn Scuba diving in Koh Tao?” Tanya instruktur divingku, kenapa tidak belajar di Bali yang punya banyak spot diving yang bagus. Jadi alasanku adalah karena di Koh Tao/Thailand adalah tempat termurah ke-2 didunia untuk belajar Scuba Diving setelah Honduras di Amerika Tengah. Jadi berhubung duit tabungan pas-pasan akhirnya itinerary belalar scuba diving di Koh Tao jadi agendaku ketika aku pergi backpackeran ke Thailand selama 2 minggu. 

Sunset di Koh Tao
Kapal biru yang digunakan untuk ke tempat diving

Bagaimana Cara Memilih Sekolah Menyelam?

Mengingat Scuba Diving adalah aktivitas di bawah laut, maka kita sebaiknya memilih sekolah menyelam yang dapat kita percaya untuk keselamatan kita selama menyelam. Ada beberapa tips yang dulu aku dapatkan ketika memilih sekolah menyelam:

1. Pastikan sekolah menyelam memiliki standar yang tinggi. Pengalamanku dulu, aku research online dan membaca review dan rating di Google atau di Tripadvisor. Kita bisa mengecek kolam renang, lokasi diving, ataupun instruktur yang mengajar.   

2. Alat perlengkapan selam yang terawat. Dengan melihat bagaimana perawatan alat-alat menyelam, kita akan lebih merasa aman, karena kebanyakan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan terjadi karena kerusakan pada alat menyelam, seperti tabung, alat bernafas, ataupun selang yang bocor. 

3. Memilika kapal diving sendiri. Jika sekolah diving tersebut memiliki kapal sendiri, maka perjalanan latihan atau fun diving akan lebih nyaman dan tepat waktu. Terlebih lagi kita tidak harus membawa tabung oksigen yang kita

4. Pilihlah sekolah menyelam dengan kelas belajar yang kecil (maksimal 5 murid untuk 1 instruktur). Dengan jumlah murid perkelas yang sedikit maka instruktur akan lebih fokus untuk keselamatan ketika menyelam.

5. Jika memiliki budget yang mepet, pilihlah sekolah menyelam yang menyediakan akomodasi. Karena course Open Water biasanya membutuhkan waktu 4 hari, jadi kita bisa menghemat budget kalau dapat akomodasi kamar. 

Formulir pendaftaran untuk belajar menyelam
Akomodasi yang disediakan oleh Crystal Dive selama 4 hari 3 malam

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat PADI?

Open Water Course biasaya membutuhkan waktu 4 hari jadi pelajaran yang didapatkan sangat detail dan rinci, yang aku tulis dibawah bukan semua course yang diajarkan, tapi hanya gambaran besarnya aja ya guys:

  • Di hari 1: Fokus pada orientasi dan teori. Biasanya kelas akan berlangsung selama 5 jam dan dibagi menjadi 2 sesi; pertama adalah pembekalan teori, antara lain, bagaimana cara etike menyelam, cara bernafas, mengatur buoyancy/cara melayang di dalam air, dll dan sesi kedua adalah ujian tertulis. Yap, aku dulu juga nega tau kalau ada ujiannya haha.
    •  Sedikit cerita: Karena dulu aku belajarnya di Thailand, jadi teori dan ujiannya dengan bahasa inggris, awalnya agak bingung karena mereka mengajarkan teori/bahasa menyelam yang aku ngga ngerti dan belum pernah denger, jadi sebaiknya kalau ngga ngerti harus tanya instrukturnya maksudnya apa dan harus jelas biar ngga bingung prakteknya di dalam air nanti 😀
  • Di hari 2 : Dimulai dari pagi sampai sore, kita akan di ajarkan menggunakan peralatan selam lengkap dengan baju menyelam, perlatan bernafas, dan perlatan menyelam. Disini kita diajarkan untuk mempraktekan teori-teori menyelam yang sudah diajarkan ketika orientasi di hari petama.
    • Tips: Karena dulu aku ngga research tentang apa aja yang diajarkan di sekolah menyelam, aku agak kaget waktu di tau praktek-praktek yang harus kita ketahui, antara lain; bagaimana mengganti kaca mata yang rusak di bawah air, bagaimana cara komunikasi ketika menyelam, dll.
  • Di hari 3 : Kita akan mulai menyelam di diving spot dilaut. Jangan khawatir, karena ini hari pertama jadi instrukturnya akan memilih diving spot yang arusnya tenang. Hari ini yang ditunggu-tunggu untuk diving di laut, agak deg-degan karena ini pertama kali tapi seru banget kalau udah di dalam air.
  • Di hari ke 4 : Fun dives lagi kita hari ini, disini lebih rileks dan lebih seru karena merasa percaya diri dengan semua pelajaran yang sudah diajarkan 🙂 di hari ni juga kita akan mengisi data diri dan foto untuk pas-foto kartu sertifikat kita. Kartu PADI akan dikirimkan langsung dari kantor PADI, jadi harus menunggu beberapa hari dan akan sampai dialamat yang kita isi. Belajar menyelam PADI sudah selesai hehe, jadi kalau ingin menyelam kita sudah bisa mengikuti fun dives dimanapun.
Hiking melihat Koh Tao dari atas bukit

Semoga dapat membantu jika ada yang ingin belajar menyelam, feel free to ask or add information that I missed in the comment 🙂

Leave a Reply

Close Menu