8 Aplikasi Travel Yang Wajib Untuk Para Backpacker

8 Aplikasi Travel Yang Wajib Untuk Para Backpacker

Kita para traveler masa kini sudah dimudahkan dengan kemajuan teknologi saat ini, yaitu dengan kehadiran aplikasi-aplikasi atau App yang ada pada handphone kita. 

Blogpost kali ini, saya akan berbagi tips tentang aplikasi apa saja yang memudahkan kita, para traveler untuk traveling di dalam negeri ataupun mancanegara. Aplikasi yang direkomendasikan ini pastinya sudah pernah dan masih saya pakai ketika backpacking kemana saja karena memang sangat membantu ketika dalam perjalanan. Nah, langsung saja, aplikasinya saya rangkum dibawah ini.

1. Google Map

 Ketika nyasar dan tidak ada orang yang bisa kita tanyai dijalan, google map pastinya akan sangat membantu. Siapa yang tidak kenal Google Map? Kita semua pasti sudah memiliki aplikasi ini di handphone. Eh, Tapi apa kalian tau kalau google map memiliki fitur Offline Map??

Dengan fitur Offline Map, kita dapat mendownload peta area di area tertentu, sehingga kita dapat mengakses peta secara offline alias ketika kita tidak memiliki jaringan internet. Fitur ini pastinya sangat membantu kita, apalagi ketika kita berada ditempat yang yang sinyalnya kurang memadai ataupun ketika kita para backpackers ingin mengurangi tarif data internet kita ketika traveling.

Cara pengaktifan Offline Map cukup mudah:

  • Buka aplikasi Google Map dan sign in dengan akun google kamu.
  • Ketik area yang ingin kamu explore, contohnya: Jogjakarta.
  • Pilih tanda (More) di pojok kanan atas.
  • Pilih opsi untuk Download Offline Map.
  • Offline Map akan terdownload dan siap untuk digunakan.

2. Skyscanner

Skyscanner adalah aplikasi yang digunakan untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang hemat biaya. Yang membuat skyscanner berbeda adalah cara kerja skyscanner yaitu aplikasi yang dikhususkan untuk membandingkan harga dari beberapa website penjual tiket pesawat. Sehingga dengan mendownload applikasi ini kita akan sangat dibantu dalam memilih harga tiket pesawat yang termurah.

Tips dan trik Skyscanner: Dalam aplikasi kita bisa melihat tiket termurah ke beberapa destinasi disekitar kita. Jadi Skyscanner dapat membantu kita dalam memilih destinasi untuk kita sesuai dengan harga yang termurah, yaitu dengan fiitur Fly Me Everywhere. Dengan fitur ini kita akan dimudahkan untuk memilih tujuan wisata sesuai dengan budget penerbangan kita. 

Cara pengaktifan fitur Fly Me Everywhere sangat mudah:

  • Buka aplikasi skyscanner untuk mencari penerbangan.
  • Isi bandara asal (Bandara terdekat) dan memilih tanggal penerbangan dan durasi backpacking/traveling.
  • Di kolom kota/destinasi tujuan, kita bisa pilih Everywhere/Kemana saja.
  • Kemudian sistem aplikasi mencari destinasi termurah sesuai dengan waktu dan budget yang kita punya, 

3. Hooper

Hooper adalah aplikasi yang cocok untuk para “Tiket murah” hunters, karena dengan aplikasi ini kita bisa memprediksi harga tiket pesawat. Aplikasi ini akan membantu kita untuk berjaga-jaga kapan tiket pesawat yang kita ingin pesan akan naik harga. Sehingga kita bisa tau kapan waktu yang tepar untuk membeli tiket pesawat.

4. Booking.com

Aplikasi booking.com memang sudah mendunia di kalangan pada traveler. Dengan aplikasi ini kita bisa mencari hotel/hostel sesuai dengan area dan budget yang kita mau tanpa harus ribet-ribet.

Aplikasi ini memiliki dua fitur, yaitu sebagai aplikasi pembayaran hotel/hostel dengan menggunakan kartu kredit dan fitur hanya sebagai tempat untuk membooking kamar saja dan membayar langsung ke hotel/hostel (Pay at the property).

Nah jadi kalau ada yang ingin menggunakan booking.com tetapi tidak memiliki kartu kredit, kalian bisa menggunakan opsi membooking tanpa kartu kredit (booking without credit card).

Alternatif lain: Air BnB, Agoda, Trivago, Hostel World, dll.

5. TripIt

TripIt adalah aplikasi yang berguna untuk membuat jadwal perjalanan kita secara mendetail sehingga kita akan lebih mudah untuk merencanakan perjalanan.TripIt juga dilengkapi dengan fitur jadwal pesawat, sehingga kita akan mudah untuk mengatur perjalanan secara keseluruhan. Dalam aplikasi kita dapat menjelajah destinasi dari beberapa rekomendasi yang terkumpul pada aplicais tersebut. 

 

6. Whatsapp

Whatsapp sangatlah berguna untuk para traveler, khususnya yang ingin pergi ke luar negeri. Ada baiknya untuk para traveler agar mencari info untuk aplikasi komunikasi apa yang paling populer dinegara tujuan. Kebanyakan dari beberapa negara akan menggunakan aplikasi whatsapp, terutama di area Asia Tenggara, menggunakan Whatsapp akan sangat membantu kita untuk berkomunikasi sehari-hari selama berada di negara tersebut.

Aplikasi lainnya: Line, Kakao Talk, dan WeChat.

7. XE Currency Converter

Currency Converter adalah life-saver ketika kita berada di luar negeri. Seperti namanya currency converter akan memudahkan kita untuk menjaga budget kita ketika menggunakan mata uang asing. Aplikasi ini beroperasi seperti kalkulator, tapi memiliki beberapa mata uang berbeda, yang mana akan memudahkan kita untuk mengganti kurs mata uang tanpa harus mengingat kurs mata uang negara lain. Yang unik dari aplikasi ini adalah feature yang selalu up to date dengan harga kurs di dunia, sehingga kurs akan selalu terupdate setiap hari menurut perkiraan kurs dunia.

8. Google Translate

Aplikasi yang terakhir adalah Google Translate. Ini adalah aplikasi sejuta umat, ya karena Google Translate pasti dibutuhkan ketika kita traveling ke mancanegara dimana Bahasa Indonesia tidak digunakan. Dengan Google Translate kita bisa men-download offline translation alias kamus tanpa internet. Ini sangat memudahkan kita untuk berpergian dimana Bahasa Inggris juga jarang digunakan.

Leave a Reply

Close Menu