“Alon-Alon Sing Penting Kelakon”

Tidak terasa sudah hampir tiga bulan tidak menulis disini… Well, nothing’s better than sebuah random journal untuk memulai lembaran baru bloggingku kali ini. Banyak sekali hal-hal yang sudah terjadi di tiga bulan terakhir ini, saking banyaknya sampai ngerasa overwhelm sendiri haha (termasuk ketika memulai blogpost kali ini juga). Aniwaii, let’s start dengan kata-kata Jawa iniย 

“Alon-Alon Sing Penting Kelakon.”

โ€“ Pepatah Jawa

Kalau kalian orang Jawa ataupun yang punya saudara orang Jawa, pastinya sudah tidak asing dengan pepatah tersebut. Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia artinya “Pelan-Pelan Yang Penting Tercapai”. Nah apa hubungannya dengan tema random journal kali ini?

Hahaha… aku juga ngga tau. Sudah agak lama tidak nge-blog jadi kagok dan tidak tau arah dari tulisan ini. 

Fokus.. fokus.. fokus.. semoga jangan sampai tulisan ini berubah hanya menjadi draft saja (me actually talking to myself.. send help lol).

Aniwaii, poin dari blogpost kali ini adalah memaknai dari pepatah Jawa tersebut. Tiga bulan terakhir ini terasa lama tetapi juga terasa cepat ketika kita sedang berproses. Sebagaimana pun kita pelan, jika disetiap hari nya kita berusaha untuk belajar, maka ada nantinya ketika semua ada hasilnya. 

Terkadang ketika kita memulai sesuatu tanpa mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan, kita akan merasa takut, cemas dan khawatir. Tetapi dengan memaknai pepatah Jawa tersebut, aku bisa merasa kembali fokus dengan waktu saat ini dan tidak merasa cemas akan masa depan. Selama kita bisa terus melangkah dan mengerjar impian, langkah demi langkah terhitung.

Tฤฑga bulan lalu, mungkin aku belum bisa melihat hasil yang aku petik di waktu sekarang ini, karena memang sedang berproses. Banyak sekali hal yang membuat aku khawatir, tetapi aku yakin kalau setiap harinya kita akan selalu belajar hal-hal yang baru, bahkan sampai kita tua, karena “Living=Learning”.

At the end of the day, terkadang bukan hasil yang kita tuju, tetapi perjalanan menuju tujuan tersebutlah yang membuat kita berbikir “Wait, did I just do that?”

So, let’s stick with “Alon-alon sing penting kelakon” shall we?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Related Articles

This Post Has 11 Comments

  1. Hai Aqma, apa kabarnya? Sehat sehat? Btw aku suka lho sama jargon ini. Kadang di dunia yang perlu gercep, di kerjaan yang selalu harus on cepet selesai, jadinya lupa nafas, lupa menikmati, lupa jajan wqwq. Akhirnya malah buru-buru tapi jadinya gelagapan dan pikiran gak jernih. Gak suka banget kalau udah di posisi kayak gitu. Kayak mumet banget. Selamat menikmati proses apapun yang lagi kamu kejar ya Aqma ๐Ÿ™‚

  2. Hii aqmaaa finally, ku merindukan mu lewat tulisan hehe

    Hampir tiap week aku pantau update di the spice, aqma ke mana yah pikirku hehe

    Semoga sehat sehat yaaaa

  3. Aku suka dengan pepatah ini.
    Alon – alon sing penting kelakon.
    Lebih baik memulai, meskipun itu hanyalah sebuah langkah kecil, daripada tidak sama sekali.

  4. Bener mba. Dan hasil yg maksimal berasal dari usaha yg maksimal pula. Jadi, jangn terlalu mengejar hasil, tapi jalani prosesnya dengan baik..

  5. Betul, setuju sekali mbak, saya pun demikian. Apalagi saat pandemi seperti ini waktu terasa cepat sekali berlalu, tapi alhamdulillah jadi semakin banyak waktu untuk explore diri sendiri.

  6. Iya memang lebih baik alon-alon daripada kita stop nggak melakukan apapun, atau tergesa-gesa tapi hasilnya amburadul, jadi walau tertatih karena pandemi ini ya berusaha tetap menjalankan impian kita pelan-pelan, semangat dan sehat selalu ya Rin!

  7. Aku suka denger istilah itu dari mamaku yang memang orang Jawa. Kalau kata mama itu sebagai bentuk kehati-hatian dalam melakukan sesuatu~

  8. yap, alon-alon asal kelakon lebih baik daripada grusa-grusu di awal tapi ujungnya ga ke mana-mana ๐Ÿ˜… pepatah ini bikin kita jadi agak kalem dan tenang ya menjalani sesuatu, karena proses itu mahal banget harganya.

  9. Hi mbak apa kabar? Kangen lho baca blogpostmu apalagi cerita jalan2 kan? Memang kadang buuh effort untuk mengalahkan kemalasan tp harus dipaksa sih. Itu juga yg kurasain. Once udah jadi 1blogpost insyaallah bakalan lebih baik mood nya. Semangat ya

  10. Kadang yg grusa grusu maunya cepat tercapai itu yang nggak longlasting mbak. Saya juga lbh baik pelan asal fokus ke tujuan. Gpp lama, sambil dinikmati prosesnya. Heheheh

  11. Halo Mba Aqma… Finally..aku angen cerita jalan-jalan dari kamu mba… tetap semangat ya….

Leave a Reply

Terima Kasih Sudah Membaca ๐Ÿ’›

Aqmarina

Travel Blogger

Iโ€™m a fan of traveling and taking pictures along the way, including that feeling of waking up in difference places and getting the excitement of talking to other people about their travel stories, or just simply enjoying the moment.

Aqmarina

Instagram
Popular Stories
Ads
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia
Let's Explore!
Community
Close Menu