Eksistensi Generasi Milenial Dalam Menjaga Kelestarian Hutan Indonesia

“People give flowers as present because flowers contain true meaning of love. Anyone who tries to possess a flower will have to watch its beauty fading. But if you simply look at a flower in the field, you’ll keep it forever. That is what the forest taught me. That you’ll never be mine, and that is why I will never lose you”

“Orang memberi bunga sebagai hadiah karena bunga mengandung makna cinta sejati. Siapa pun yang mencoba memiliki (memetik) bunga harus melihat keindahannya memudar. Tetapi jika kamu hanya melihat bunga di taman, kamu akan menyimpannya selamanya. Begitulah apa yang hutan ajarkan padaku. Bahwa kamu (hutan) tidak akan pernah menjadi milikku, dan itulah sebabnya aku tidak akan pernah kehilanganmu “

Paul Coelho dalam ‘Brida’ 

Begitulah kutipan karya Paul Coelho yang membuatku terbenak akan keindahan hutan tropis di Indonesia. Keindahan hutan tropis yang tiada duanya, menyimpan keanekaragaman flora dan fauna khas Indonesia. Sesuai dengan topik di blogpost kali ini, aku mau sharing tentang pentingnya peran generasi muda untuk melestarikan alam.

Mau jadi generasi millennial yang eksis? Kenapa ngga jadi generasi milenial yang eksis menjaga kelestarian hutan Indonesia aja? 😍🌳🇲🇨

Hidup Dalam Keseimbangan Dengan Alam

Kita sebagai manusia haruslah menyadari bahwa kita harus menjaga keseimbangan dalam hidup kita, seperti dalam pedoman tradisional “Tri Hita Kara” dari Bali yaitu keseimbangan antara manusia dengan tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam. Dengan mengkombinasikan pedoman tersebut, hidup kita akan menjadi sejahtera. Keseimbangan manusia dengan alam dapat terlihat dari bagaimana kita melindungi hutan kita. Itu adalah bagian dari jaringan kehidupan dan generasi kita dan seterusnya, semua bergantung pada hutan.

Manfaat Hutan Tropis Indonesia

Hutan memiliki menfaat dan tujuannya, untuk kehidupan manusia, binatang, dan semua mahluk hidup lainnya. Berikut ini adalah sebagaian manfaat dari hutan:

  • Hutan adalah tempat resapan air yang paling handal. Hutan dapat membantu dan menjaga siklus air sehingga dapat yang menyediakan air bersih untuk mahluk hidup lainnya. 
  • Mengurangi resiko banjir dan tanah longsor di musim penghujan. Hutan dapat menjaga kepadatan tanah, sehingga tanah-tanah lebih kokoh dan air dapat meresap dengan lebih baik.
  • Sebagai habitat satwa-satwa liar dan tanaman-tanaman hutan tropis.

 

Berbagai spesies tanaman dan satwa-satwa liar yang kini keberadaannya makin memperihatinkan mempunyai habitat didalam hutan. Satwa-satwa seperti Orang Utan di Kalimantan, Harimau di Jawa dan Sumatera, Badak di Jawa dan Sumatera, dan Burung Cendrawasih di Papua sangatlah bergantung pada hutan-hutan Indonesia.

Salah satu faktor dibalik menurunnya jumlah mereka di alam adalah karena habitat mereka yang semakin sempit, sehingga kebutuhan makanan mereka juga semakin menipis. Hal ini pun membuat mereka susah untuk bertahan hidup dan berkembang biak.

eksistensi-generasi-milenial-4
Orang Hutan di Habitatnya (Photo L. Kwan - Pixels)
  • Hutan sebagai “Paru-paru” dunia yang meproduksi oksigen dan menjaga iklim bumi menjadi stabil. Taukah kalian bahwa hutan di Kalimantan adalah paru-paru dunia dan sebagai hutan tropis terbesar kedua setelah hutan Amazon di Amerika Latin? Jadi hutan di Kalimantan mempunyai peran penting untuk menjaga iklim bumi tetap stabil.
  • Menjaga lingkungan dari kekeringan. Daerah-daerah yang jarang hujan, akan sangat terbantu oleh adanya hutan sehingga dapat mencegah tempat tersebut menjadi tandus dan kering.
  • Hutan merupakan penghasil kayu yaitu sumber daya alam yang penting untuk Indonesia dan dunia. Inilah salah satu penyebab deforestasi atau hutan gundul. Untuk itu reforestasi atau penanaman pohon kembali harus seimbang dan tepat sasaran agar hutan indonesia dapat terjaga kelestariannya.

Kondisi Hutan Saat Ini &
Mengapa Perlindungan Hutan di Indonesia Itu Penting?

Indonesia menghadapi semakin banyak masalah lingkungan sehingga hutan-hutan di negara ini semakin terancam. Mengambil hutan begitu saja tanpa memikirkan kerusakan dan kelestariannya untuk masa depan. Hal-hal inilah yang membuat keberadaan hutan semakin memperihatinkan:

  1. Pembakaran hutan untuk lahan pertanian dan pertambangan.
  2. Meluasnya pemukiman penduduk sehingga menggunakan lahan hutan sebagai pemukiman.
  3. Pencemaran lingkungan dan hutan.
  4. Lemahnya kebijakan dan penegakan hukum sehingga oknum-oknum tidak bertanggung jawab masih dapat merusak hutan di Indonesia.
  5. Penebangan liar hutan yang tidak bertanggung jawab sehingga memicu laju deforestasi di Indonesia
Data (dalam juta hektar) tentang deforestsi hutan di Indonesia (Grafik: Forrest Watch Indonesia, FWI)

Data grafik diatas menunjukan jumlah deforestasi yang semakin menurun, yaitu pada dari tahun 2014-2015 ke tahun 2016-2017 sebesar 0.61 juta hektar. Akan tetapi, menurut lembaga Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Indonesia masih menduduki peringkat sepuluh besar sebagai negara dengan angka deforestasi tertinggi di dunia tahun 2020.

Seandainya Aku Jadi Pemimpin, Apa Yang Akan
Aku Lakukan Untuk Hutan Indonesia?

Permasalahan hutan di Indonesia tidak bisa lepas dari faktor sosial, budaya dan ekonomi yang ada di Indonesia. Sehingga, hal ini membuat sistem terintegrasi yang fokus pada tujuan dan pembangunan untuk melindungi hutan melalui pendidikan dan ekonomi hijau yang berkelanjutan demi kesejahteraan rakyat dan lingkungan sangatlah diperlukan. Dengan misi tersebut, kita tidak hanya akan dapat membasmi faktor langsung, tetapi faktor pendukung dari perusakan hutan Indonesia.

 

Daftar 17 misi untuk menuju pembangunan yang berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
  • Meningkatkan Kualitas Pendidikan 
Sebagai bagian dari inisiatif dalam rangka pentingnya pendidikan tentang alam diusia dini, anak-anak sekolah diajak untuk menanam pohon. Idenya adalah bahwa hutan memiliki banyak tujuan, termasuk sebagai ruang kelas luar ruangan yang akan memberi anak-anak kesempatan untuk melihat dan belajar tentang lingkungan mereka dengan cara yang praktis, langsung dan menyenangkan sehingga anak-anak muda dapat merasa bangga dengan hutan Indonesia.
  • Memenuhi Kebutuhan Pangan Dan Kesejahteraan Masyarakat Lokal
Kebutuhan pangan adalah kebutuan yang mendasar bagi warga Indonesia. Begitu juga dengan orang-orang yang terpaksa bekerja di sektor ilegal, seperti penebang liar di daerah-daerah yang mau tidak mau harus berkerja demi memenuhi kebutuhan pangan dan kesejahteraan mereka yang belum terjamin oleh pemerintah.
  • Berkolaborasi Dengan Penduduk Adat Dalam Menjaga Hutan Dan Satwa-Satwa Liar.
Untuk melindungi dan melestarikan hutan, kita perlu berkolaborasi dan bekerja sama untuk hasil yang efisien. Dengan mengajak masyarakat lokal maupun adat, kita bisa saling bertukar ilmu untuk berinovasi cara-cara yang dapat dilakukan untuk pelestarian hutan dan satwa-satwa liar.
  • Mempromosikan Aktivitas Ekonomi Yang Ramah Hutan Dan Lingkungan
Aktivitas ekonomi menjadi faktor utama dari perusakan hutan di Indonesia. Sehingga, kita sebagai pelaku ekonomi juga berperan aktif dalam roda tersebut. Dengan adaya inovasi, seperti standarisasi/sertifikat kayu legal dan ramah lingkungan kita bisa berperan aktif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.
  •  Regulasi Dan Penegakan Kebijakan Perlindungan Hutan Yang Berjalan Efektif 
Selama ini regulasi dan sanksi yang diberikan kepada para pelanggar kebijakan masih belum bisa belum optimal yang ditambah lagi oleh ringannya sanksi dan minimnya proses perlindungan yang disebabkan oleh permintaan pasar yang tinggi, sehingga faktor-faktor penegakan hukum terabaikan.
  • Kampanye Kesadaran Perlindungan Hutan Untuk Generasi Muda Lokal Dan Seluruh Rakyat Indonesia 

Kampanye kesadaran peduli hutan bisa menjadi sumber inovasi kita, seperti penggunaan media sosial yang berperan besar dalam meningkatkan kesadaran dan melibatkan generasi milenial. Dengan menjangkau anak muda, kampanye akan berpengaruh dalam jangka panjang. 

Nah pada chapter selanjutnya, aku mau berbagi sedikit tentang cara-cara kita sebagai generasi muda untuk menjaga hutan Indonesia. (Yuk mari kita lanjutkan hehe 😁 )

Bersama Kita Bisa Melindungi Hutan Indonesia!

Jadi bagaimana sih  ‘Peran Generasi Muda (Milenial)untuk dapat berkontribusi dalam perlindungan hutan di Indonesia?

Kaum muda menjadi lebih penting dalam mengambil tindakan yang menginspirasi orang lain untuk berkontribusi pada masa depan yang ingin kita lihat. Aku percaya bahwa relawan muda dapat membuat perbedaan jika kita bekerja sama untuk membuat suara kita didengar.

1. Stay Up To Date Tentang Kondisi Hutan Indonesia

Bergabung dengan komunitas konservasi hutan Indonesia, seperti Golongan Hutan untuk mengatahui informasi-informasi penting tentang konservasi hutan di Indonesia bisa menjadi salah satu cara untuk berkontribusi demi hutan Indonesia.

Jadi, apa sih organisasi Golongan Hutan itu?

Golongan Hutan adalah gabungan berbagai organisasi masyarakat bidang lingkungan yang mengajak anak-anak muda Indonesia untuk bangga pada kehebatan hutan kita dan ikut serta menjaga kelestariannya.”

Tampilan website Golongan Hutan (https://Golonganhutan.id)

Tujuan dan inovasi-inovasi dari Golongan Hutan selaras dengan misi kita semua yaitu untuk melestarikan hutan dengan kampanye-kampanye hijau dan berbagi informasi mereka. Oiya, konten yang ditulis di website mereka juga menarik sekali untuk dibaca karena dibalut dengan kalimat-kalimat generasi milenial, jadi relatable, tidak membosankan, dan bisa menambah ilmu kita tentang konservasi hutan. Golongan Hutan juga mempunyai jaringan yang sudah terintegrasi dengan organisasi-organisasi lokal maupun internasional yang bergerak pada bidang perlindungan hutan (jadi semakin yakin ya guys).

2. Mengadopsi Pohon

Ini adalah salah satu cara untuk para milenial yang tidak mempunyai akses langsung untuk konservasi hutan. Dengan mengadopsi pohon/hutan kita bisa berkontribusi untuk membantu para relawan hutan merawat dan melindungi pohon-pohon di hutan tropis Indonesia. Kegitan adopsi hutan sering diadaken oleh organisasi pecinta lingkungan /LSM dan pemerintah dengan cara memberikan donasi untuk keperluan pohon tersebut agar tumbuh subur, contohnya adalah untuk bibit pohon dan pupuknya (Gimana gengs, menarikkan?! 😍)

3. Ikut Berpartisipasi Menentang Dan Melarang Aktivitas Penebangan Liar

Untuk setiap pohon-pohon di daerah tropis yang ditemukan dan ditebang secara ilegal, itu biasanya dapat dipicu oleh hasil suap, korupsi, dan intimidasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, kita harus bisa mengecek sumber dari kayu yang kita beli, apakah merupakan kayu legal atau tidak, sehingga kita bisa menjadi konsumen yang sadar dari mana kayu yang kita pakai kita berasal dan tidak memberikan dukungan ke aktivitas  penebangan liar.

4. Menyebarkan kesadaran (Awareness) tentang pentingnya melindungi hutan

Salah satu aktivitas yang seru yang bisa dilakukan oleh kaum-kaum milenial, yaitu menyebarkan kesadaran untuk melindungi hutan Indonesia. Baik itu bergabung dalam komunitas pencinta alam, mengikuti seminar, aktif dalam kampanye lingkungan/hutan, ataupun yang paling simpel dan gratis, seperti berbagi ilmu dan informasi kepada teman dan orang terdekat kita.

Aku dan teman-temanku sewaktu mengikuti acara penanaman pohon

5. Menggunakan Produk-Produk Yang Ramah Lingkungan dan Hutan

Produk-produk kecil yang sering kita tidak pikirkan, seperti tisu dan kertas juga berpengaruh pada hutan kita. Jadi jangan salah pilih produk dari perusahaan yang tidak beretika terhadap lingkungan ataupun hutan kita ya. Pastikan produk-produk yang kamu gunakan diambil dari sumber daya alam yang terjamin kelanjutannya (Sustainable Resources).

6. Menghubungkan Kembali Teman-Teman Dan Keluarga Kita Dengan Hutan.

Kegitan outdoor seperti mendaki gunung, camping, bertamasya ke kawasan hutan lindung, dan aktivitas lainnya untuk menikmati alam secara langsung dapat menumbuhkan rasa ketertarikan dan empati untuk menjaga dan melindungi hutan di Indonesia.

Ada banyak sekali tempat wisata konservasi hutan/taman national di Indonesia ini, kalau kalian ada waktu, mari berkunjung kesana (aku sendiri pengen banget berkunjung ke Kalimantan dan Sumatra untuk mengunjungi kawasan hutan lindungnya, tapi belum kesampaian 😢 Semoga kita bisa kesena setelah Pandemi Covid ini selesai.. Aamin hehe).

Oiya, kegemarannku untuk hiking di antara pohon-pohon tinggi di hutan ketika ingin mengunjungi curug atau air terjun, bisa menjadi salah satu cara untuk refresh pikiran kita. Taukah kalian, kalau tanpa hutan, tidak akan ada lagi air terjun? 🙈 

Jadi, Mari Bersama-Sama Kita Bisa Lindungi Hutan!

Dengan generasi milenial yang dapat menginspirasi sejak usia muda untuk mengambil tindakan dan peduli terhadap lingkungan, hutan di Indonesia mempunyai masa depan. Karena mereka mengerti tentang semua yang kita dapatkan dari hutan dan bagaimana mereka untuk melindungi hutan Indonesia. 

Generasi milenial kemudian dapat memberi tahu orang tua mereka, teman-teman dan orang lain apa yang telah mereka pelajari dan bagaimana bertindak untuk melindungi dan melestarikan hutan Indonesia.

Salam Semangat Melindungi Hutan Indonesia!! 🇲🇨🌳

Referensi:

“Menelisik Angka Deforestasi Pemerintah”, Forest Watch Indonesia, (https://fwi.or.id/menelisik-angka-deforestasi-pemerintah)

Terima kasih ya teman-teman yang sudah membaca blogpost ini sampai selesai. Oiya, artikel ini juga di ikut sertakan dalam lomba yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network dan Golongan Hutan Indonesia ☺️ 

Sewaktu melihat ada lomba blogging tentang alam, terutama hutan, aku langsung terpanggil untuk ikut karena kelestarian hutan itu sangatlah penting untuk generasi kita dan generasi mendatang. 

Jadilah aku ingin ikut berkontribusi demi hutan Indonesia. Semoga bermanfaat ya teman-teman 💕 Seperti biasa kalau ada yang mau nanya ataupun komen bisa dituliskan di kolom komentar. I’ll gladly answer and appreciate all of your thoughts 🤗

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Related Articles

This Post Has 15 Comments

  1. Bermanfaat banget! Jadi lebih aware sama kelestarian hutan. thx for sharing💖💖💖

    1. Iya sama-sama, terima kasih sudah membaca ☺️💖 We can do this! 🌳🇮🇩

  2. Selama ini yang aku lakuin baru pake produk-produk ramah lingkungan.. ternyata masih banyak yg bisa dilakuin ya 😲
    Baru tau juga kita bisa adopsi pohon! itu gimana yaa caranya?

    1. Iya menarikkan untuk adopsi pohon?! ☺️kegiatan mengadopsi pohon biasanya sering diadakan sama LSM atau pemerintah (Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan KLHK) lewat sumbangan dana, untuk membeli bibit ataupun pupuk contohnya 🌳💕

  3. Tertarik jugaa sama adopsi pohon. Kayanya kurang diangkat ya tentabg caranya? Atau aku aja yg kudet 😅. Bileh dong dishare more about adopsi pohon mbak aqma Great writing btw!

    1. Terima kasih mbak Malaa sudah membaca. Jadi kegiatan adopsi itu memang kegiatan milenial yang baru hits belakangan ini. Jadi adopsi jarak jauh, jadi caranya seperti donatur untuk kelestarian pohon/hutan tersebut dengan berkontribusi lewat biaya /per pohon 🤗🌳💕

  4. Artikelnya informatif sekali👍 semoga dengan adanya artikel ini jadi semakin banyak yang peduli sama kelestarian hutan.

    1. Terima kasih mbak Cha sudah membaca hehe ☺️ aaamin aamiin semoga informasinya bisa bermanfaat 🤗🌳🇮🇩💕

  5. Thanks for sharing such valuable insights! Yuk milenial harus lebih aktif lagi. Semoga sampai anak cucu kita nanti pun kelestarian hutan Indonesia tetap terjaga. 🙌🏼🌳

    1. Yay! Terima kasih Nisa sudah membaca. Amiin aaamin Semoga generasi yang akan datang bisa menikmati rimbunnya Hutan Indonesia 🤗🌳

    1. Terima kasih sudah mampir dan membaca ya mbak Dedew 🙂

  6. artikelnya bagus ehhehe. Jadi bikin semangat nih anak millenial harus menjaga aktif lagi kelestarian hutan

  7. Terima kasih sudah mampir dan membaca mbak Nadya 🙂
    Iya mbak harus semangat menjaga kelestarian hutan 🌳🌳

Leave a Reply

Terima Kasih Sudah Membaca 💛

Aqmarina

Travel Blogger

I’m a fan of traveling and taking pictures along the way, including that feeling of waking up in difference places and getting the excitement of talking to other people about their travel stories, or just simply enjoying the moment.

Aqmarina

Instagram
Popular Stories
Ads
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia
Let's Explore!
Community
Close Menu