Nusa-penida

Kemana Aja Ketika Liburan Ke Nusa Penida?

“I want to go back!”ย โ€“ Haileyย 

“Aku ingin kembali” Itulah kata-kata yang dikatakan oleh Hailey. Sahabat baikku sedari dulu ketika kita masih duduk di bangku sekolah. Ditahun 2018, dia mengunjungiku di Indonesia untuk pertama kalinya. 

“Mau aku bawa kemana dia ini?!” pikirku waktu itu. Karena ini adalah pertama kalinya dia ke Indonesia, aku ingin membawanya ketempat yang anti-mainstream… karena wisatawan Taiwan sudah banyak yang ke Bali.

Hmm.. gimana kalau ke Nusa Penida? Aku sendiri juga belum pernah pergi kesana, pastinya akan seru dan berkesan kalau nyasar kaya orang hilang bareng sahabat kan? ๐Ÿ˜

Ah let’s the girls trip begin!

๐ŸŒž๐ŸŒด๐ŸŒŠ

Cerita di Balik "Nusa Penida DIY Tour Guide"

Rencana awalnya, aku dan Hailey hanya akan berada di Nusa Penida selama 1 hari saja, yaitu dengan mengikuti paket wisata yang populer di Bali. Opps.. seperti biasa karena kita adalah orang-orang suka dadakan, kita rubahlah rencana kita menjadi 2 hari dan membuat hari-hari kita menjadi fleksibel dengan segala kemungkinan yang ada.

Yuuup seperti biasa.. karena kita berdua satu pabrikan, berubahlah dua hari menjadi empat hari ๐Ÿ˜‚๐ŸŽ‰

Note: Ternyata empat hari dengan DIY tour itu capek ya haha.. karena selama empat hari full aku juga yang bawa motor setiap hari. Aku sudah menyuruh Hailey untuk bergantian, tapi dia takut untuk membawa motor (hadeh..)

Transportasi Ke Nusa Penida

Cara termurah dan tercepat yang kita temukan untuk menuju ke Nusa Penida adalah dari Pelabuhan Pantai Sanur (sekitar 45 menit dari Bandara Ngurah Rai).

Operator feri kita bernama Mola-Mola Express. Tiketnya Rp. 200.000 (sekali jalan) dan Rp.350.000 (pulang pergi).

Ada opsi dengan feri tradisional lainnya (termurah) berangkat dari pelabuhan ini, tetapi membutuhkan waktu dua kali lipat. Jika Anda ingin menghemat uang dan memiliki banyak waktu maka feri tradisional juga merupakan pilihan yang baik.

Tips-tips:

  • Tiket hanya dapat dibeli hanya pada hari keberangkatan (paling cepat pukul 7.30).
  • Tiket pagi sering terjual dengan cepat (karena agen tur satu hari perjalanan), jadi sebaiknya membeli tiket di loket tiket sedini mungkin.
  • Aku dan Hailey harus menunggu kloter berikutnya karena operator tur penuh.
  • Operasi feri akan tergantung pada kondisi cuaca.
  • Jika teman-teman membeli Tiket Pulang Pergi,ย pastikan kalian mengetahui pelabuhan untuk keberangkatan mu ke Bali. (Kami memiliki pengalaman ini sebelumnya, pelabuhan kedatangan dan keberangkatan berada di pelabuhan yang berbeda).
  • Kita tiba di pelabuhan Toya Pakeh, tetapi sewaktu ingin kembali ke Bali, kita harus menunggu di kantor pusat Mola-Mola Express dekat pantai Sampalan (bisa dilihat peta di bawah).

Transportasi Selama Di Nusa Penida

  1. Sepeda: Pilihan termurah jika kamu ingin bersantai dan pergi ke restoran terdekat di pusat Nusa Penid (di sekitar utara pulau). Tetapi tidak untuk menjelah pulau Nusa Penida karena jaraknya yang memakan waktu (Hmm tetapi juga tidak ada salahnya jika ingin gowes-gowes bila waktu memungkinkan).
  2. Motor (Opsi yang kita pilih): Biayanya sekitar Rp. 70.000 – Rp. 100.000/hari (tips: teman-teman bisa nego dan minta diskon jika sewa 2 hari atau lebih). Ini adalah cara terbaik untuk menjelajahi pulau, terutama jika kamu tidak terbiasa dengan jalan raya.
    • Tips:
      • Sangat nyaman untuk menyewa motor. Cara terbaik adalah menyewa langsung di hostel atau hotel. (Bebas repot dan biasanya mereka juga akan memberikan diskon kecil).
      • PASTIKAN BAHWA SEMUANYA BEKERJA. Lampu, lampu belakang, dan yang terpenting adalah rem. (Kita punya masalah dengan lampu saat menjelajahi pantai terpencil di Bali.. haha. Lampu mungkin tidak masalah di siang hari tetapi kita kembali setelah matahari terbenam lol gelap gulita tanpa lampu jalan. Jadi kami harus menunggu mobil atau motor lain untuk dapat melihat jalan. Tidak direkomendasikan).
      • Cukup sulit untuk menemukan SPBU, jadi sebelum menjelajah, pastikan bahwa motor memiliki cukup bensin karena kamu akan melalui bukit di jalan dan gas akan cepat habis.
      • Pada siang hari, akan ada banyak mobil wisata dengan kecepatan tinggi di jalan kecil jadi berhati-hatilah dengan mobil wisata (seperti dalam perjalanan ke pantai Kelingking atau pantai rusak).
      • Jalan utama secara keseluruhan dalam kondisi baik, tetapi seperti dalam perjalanan ke Broken Beach, jalannya sedikit menakutkan, banyak lubang dan bukit. (Kita melihat beberapa orang jatuh saat menuruni bukit yang curam. Saya bahkan meminta Hailey untuk turun dan berjalan ketika aku takut jatuh.
  3. Mobil: Ini adalah pilihan terbaik jika kamu bepergian dengan maksimal 5 orang. Biayanya sekitar Rp.450.000-750.000/hari dengan sopir. Pengemudi akan membawa kamu berkeliling pulau, tetapi pastikan untuk menegosiasikan tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi sepanjang hari (terutama jika kamu ingin mengunjungi pantai timur dan barat pulau pada hari yang sama).

Where to go in Nusa Penida?

1. Pantai Kelingking (Kelingking Beach)

Pantai Kelingking adalah yang paling terkenal. Pastinya sering banget melihat bentuk Dinosaurus yang menjadi icon dari pular Nusa Penida. Jadi spot yang satu ini memang yang paling utama.

Rambu jalan cukup mudah ditemukan sehingga kamu tidak akan tersesat.

Parkir di tempat parkir dan berjalan kurang dari 10 menit, kamu akan menemukan tempatnya

Ada jalan setapak untuk turun dan pergi ke pantai, tapi Hailey dan aku terlalu capek untuk turun dan kemudian harus naik lagi. Banyak tangga (cukup curam) dan terik panas matahari membuat kita mager. Jadilah kita cuman melihat dari atas saja. Mungkin kalau ada kesempatan berkunjung kesana lagi, pastinya aku akan turn ๐Ÿคž๐Ÿฝ

Oiya, disana tangganya sempit, jadi berhati-hatilah saat berpapasan dengan pengunjung lain.

Tips:

  • Untuk menghindari keramaian dan tour operator, kunjungi sebelum jam 9.30 pagi atau setelah jam 2 siang, sehingga kamu tidak perlu mengantri lama untuk spot foto.
  • Jangan memakai sepatu tinggi karena akan susah untuk turun ke pantainya.
  • Jangan lupa untuk minum. Ada beberapa warung makan dan minum di sekitar area
  • Disana ada toilet (sederhana).

2. Broken Beach and 3. Angel's Billabong

Untuk menuju ke tempat berikutnya ini adalah suatu tantangan dengan sepeda motor. Dayum untuk tangan dan lenganku. Jalan yang berlubang banyak dan bukit terjal sudah menanti. Namun tempat-tempat ini pasti patut dikunjungi!

Lokasi Broken Beach dan Angel’s Billabong berdekatan satu sama lain. Dari tempat parkir, Anda harus berjalan kaki sekitar 5-7 menit ke Angel’s Billabong terlebih dahulu, kemudian sekitar 10 menit lagi untuk sampai ke Broken Beach.

Angel's billabong from top
kelingking-beach-10
Ada banyak pohon ini di dekat tempat parkir dalam perjalanan ke Angel's Billabong.
kelingking-beach-7
Karena cuaca buruk dan kecelakaan sebelumnya, dilarang berenang atau mendekati kolam Angel's Billabong.

4. Tree House and 5. Atuh Raja Lima View Point

Lucunya, kita menemukan rumah pohon ini secara tidak sengaja. Kita tidak tahu lokasi rumah pohon itu. Aku malah googled rumah pohon yang berbeda ๐Ÿคฃ.

Kita mendengar tentang tempat tersembunyi Atuh Raja Lima View Point ini. Jadi kita ingin melihatnya, tetapi kemudian kami menemukan bahwa itu juga merupakan lokasi rumah pohon yang ikonik ini. Jadilah kita ganti rencanya dan melupakan rumah pohon yang aku googling sebelumnya haha.

Pemandangannya tentu sangat memanjakan mata. kita harus berjalan sekitar 10-15 menit ke rumah pohon dan view point (ini termasuk menuruni banyak tangga). Nah, turunnya cukup mudah tapi naik adalah bagian yang sulit, merasa seperti mendaki.

Btw, di tahun 2018 ini masih menjadi hidden gem/spot tersembunyi, jadi pasti lebih sedikit turis di daerah tersebut. Terbayar semua deh dengan tangan yang pegel-pegel haha.

Hal-hal yang perlu diketahui sebelum pergi ke sana:

  • Tempat ini berada di pantai timur, mungkin memakan waktu sekitar 1,5/2 jam dengan sepeda motor. Pemandangan di sepanjang jalan sungguh mempesona. Salah satu rute favoritku!
  • Untuk masuk ke lokasi ini dikenakan biaya sekitar Rp 15.000 (2018).
  • Banyak tangga, jadi bawalah air!
  • Lokasinya dekat dengan pantai Atuh. Namun rute dari jalan utama berbeda jadi perhatikan rambu atau petanya.

Kesimpulan, Yay atau Nay?

Yay pakai banget dong ๐Ÿ‘๐Ÿฝ

Spot-spot menarik lainnya yang cucok untuk dimasukkan ke dalam bucketlist, antara lain:

  • Pantai Atuh: Cukup jauh, tapi terkenal dengan turis.
  • Pantai Kristal: Tempat yang pas untuk matahari terbenam dan bersantai, tetapi tidak setelah jam 4 sore karena pantai akan ramai oleh turis.
    •  Tips: Sewa beanbag dan minum air kelapa di tepi pantai sambil menunggu matahari terbenam).
  • Pantai di depan Penida Colada Restaurant: Kita berjalan di sepanjang pantai saat matahari terbenam sambil menunggu makan malam).
  • Snorkling (2 jam di Manta Point, Underwater Buddha, dan Gamat Bay.
  • Diamond Beach/Pantai Diamond: Pantai disekitar pantai Atuh yang sedang naik daun. Di tahun 2018 belum banyak informasti tentang panti itu.. jadinya belum pernah mengunjugi pantainya padahal bagus banget ๐Ÿ˜” 

Tidak cukup merekomendasikan tempat-tempat di Nusa Penida.
Nusa Penida jelas merupakan pulau yang harus dikunjungi di Indonesia. Ukuran pulaunya tidak terlalu kecil namun juga tidak terlalu besar, sehingga menjelajahi pulau akan menyenangkan.

Apakah berwisata di Nusa Penida satu hari cukup? Dari pengalaman pribadiku dan Hailey, tinggal beberapa hari di pulau ini jauh lebih menyenangkan. Bersantai di pantai, minum air kelapa, mengobrol dengan penduduk setempat, menikmati makanan laut lokal, menyaksikan matahari terbenam atau bahkan mengalami pemadaman listrik total di pulau itu haha. Nyenengin pake bangeet, karena kita bisa melihat bintang lebih baik sambil makan mie Indomie panas yumm ๐Ÿ˜

Sekian blogpost kali ini, semoga bisa membantu teman-teman yang ingin mengunjugi saudara Pulau Dewata. Pastinya jangan lupa untuk memasukkan Nusa Penida dalam bucketlist kamu ya.

Seperti biasa, terima kasih sudah membaca blogku kali ini. Kalau ada pertanyaan atau komentar, bisa dituliskan di kolom dibawah ya ๐Ÿ’•

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Related Articles

This Post Has 13 Comments

  1. seru banget kalo bisa sepedaan bareng temen-temen disana ๐Ÿ˜€

    1. Pastinya nyenengin banget mbak.. tapi asalkan kuat karena ada berbagai tanjakan ๐Ÿ˜‚๐Ÿ’ช๐Ÿฝ๐Ÿšฒ

  2. Wah pantainya cantik-cantik banget ya, jadi kepingin melihat langsung kesana, pasti akan semakin berkesan ๐Ÿฅฐ

    1. Tancap gas mbak Ladya.. Nusa penida menurutku pulau kecilโ€ cabe rawit karena banyak alamnya yang bagus banget ๐Ÿ’•

  3. hidden gem banget ini mah. tapi sepertinya memang harus siap fisiknya buat bisa menjelajahi semuanya. aaaaah, makin pengen jadinya

    1. Iya mbak bening seru banget jalan-jalan di Nusa Penida.. kalau mampir ke Bali bisa untuk jadi referensi destinasi ๐Ÿ˜Š

  4. Aku bener2 ga ngerti kenapa pantai yg ICONIC itu diksh nama pantai kelingking, padahal jelas2 bentuknya kepala T-rex hahahaha .aku sendiri nyebutnya pantai kepala T-rex.

    Kalo udah bisa ke Bali lagi, pengen sih ke Nusa penida. Jujurnya aku bukan pecinta pantai, Krn ga kuat panas. Jadi kalo ke Bali biasanya Krn acara kantor. Bukan Krn pengen jalan hahahaha. Tapi aku suka liat2 fotonya begini :D. Ga usah ikut berpanasa2an, tapi seolah udah melihat langsung ๐Ÿ˜‰

    1. Aku juga ngga tau mbak kenapa namanya bisa pantai kelingking haha padahal bentuknya TRex haha
      Bener banget mbak Fanny.. disana panas banget.. apalagi kalau mau turun ke pantai yang ada dibawah.. bisa berasa kaya cardio itu haha.. aku aja kemarin ngga kesampaian karena kecapekan naik motor..
      Tapi jadi ke pengen kesana lagi dan turun ke pantainya karena aku anak pantai haha jadi suka jalanโ€ ke pantai haha ๐ŸŒŠ๐Ÿฆ–๐ŸŒด

  5. MasyaAllah indah banget mbaaaaaaaaa….. aku jadi pengen kesana… pengen foto kayak kamu di tebing gitu…tapi takut tinggi hohoho…

    1. Wii harus itu mbak kalau pas berkunjung ke Bali.. Kan sudah dekat dari penida.. sayang banget kalau ngga explore penida โ˜บ๏ธ

  6. Aduh seru banget, aku jadi pengen ikut juga ke sana. Aku baru dengar sih Nusa Penida. Kayanya enak pakai mobil ya kalau banyakan? Pakai motor repot di jalannya kalau nanjak dan berliku ya mba?

    1. Yay!! Seru mbak di Nusa Penida soalnya banyak spot spot yang kece disana.. aku aja sampai ingin kesana lagi haha

      Iya mbak kalau naik motor.. kondisi badan harus fit soalnya walaupun penida itu di peta kecil.. tapi ternyata pulaunya cukup luas haha
      Kalau memungkinkan bisa stay di penida lebih lama, biar explorenya lebih syahdu hehe ๐Ÿ˜„

  7. Masya Allah cantik amat ya pemandangannya bikin perasaan happy liat fotonya saja tapi aku deg-degan liat pemandangan pantai kelingking kok curam banget turunnya

Leave a Reply

Terima Kasih Sudah Membaca ๐Ÿ’›

Aqmarina

Travel Blogger

Iโ€™m a fan of traveling and taking pictures along the way, including that feeling of waking up in difference places and getting the excitement of talking to other people about their travel stories, or just simply enjoying the moment.

Aqmarina

Instagram
Popular Stories
Let's Explore!
Community
Ads
Close Menu