Nasi Liwet dan Bubur Lemu Mbah Narti

Mengunjungi Warung Nasi Liwet & Bubur Lemu “Mbah Narti” Di Solo

Nasi liwet merupakan makanan khas solo yang selalu di cari-cari oleh para wisatawan dan masyarakat lokal Solo. Aku dan keluargaku medapatkan kesempatan untuk mencicipi makan khas Solo ini. Maklum karena kita sekelurga juga orang Solo, jadi makan Nasi Liwet adalah makanan wajib ketika berkunjung ke kampung halaman.

Untuk warung Nasi Liwet dan Bubur Lemu Mbah Narti ini, kita tidak sengaja menemukannya ketika berkunjung ke Kartasura (kira-kira 20 menit dari pusat kota Solo). Ketika kita berhenti di lampu merah kita melihat Warung makan Mbah Narti. Kedua orang tuaku ingin sekali makan Bubur Lemu, sedangkan aku dan adikku ingin Nasi Liwet. Jadilah Warung Mbah Narti ini menjadi tempat yang cocok untuk dikunjungi.

๐ŸŒž๐ŸŒด๐ŸŒŠ

Alamat Warung "Nasi Liwet & Bubur Lemu Mbah Narti" di Solo

Tidak jauh dari pusat kota Solo kira-kira 11 Km, kita bisa mengunjungi Warung Mbah Narti yang berada di dekat perempatan pasar Kartasura.ย 

Ketika melewatinya, pastinya pasti akan terlihat antrian para pengunjung, jadi pastinya gampang untuk menemukan warungnya. Warung Mbah Narti baru buka sore hari, yaitu jam 4 sore. ย 

Citra Rasa Nasi Liwet Dan Bubur Lemu Khas Kota Solo

Nasi liwet merupakan nasi yang dimasak menggukan santan, kaldu ayam, serai, dan dan salam. Perpaduan berbagai jenis bumbu membuat Nasi liwet mempunyai citra rasa yang gurih. Apalagi ditambah dengan kelezatan suiran ayam kampung, telur rebus dan sayur labu ย siam yang identik dengan warnaย oranye,ย kental dengan rasa khasnya.

Untuk Bubur Lemu menggunakan bubur yang juga ketal dan gurih dimasak menggunakan santan dan daun salam. Dipadukan dengan sayuran dan kecambah kemudian di beri sayur krecek yang berwarna merah.ย 

Isi dari Nasi Liwet and Bubur Lemu Mbah Narti
Aneka Lauk Pauk yang bisa dipilih

Banyak sekali lauk pauk yang bisa kita pilih dan nikmati sambil menyantap Nasi Liwet dan Bubur Lemu. Ada ayam kampung, uritan (telur yang masih berada di dalam ayam), telur coklat, dan lain-lain.

Perpaduan Bubur Lemu & Nasi Liwet

Untuk menu yang aku pilih adalah perpaduan antara Bubur Lemu dan Nasi Liwet, karena memang aku suka dengan keduanya. “Kenapa tidak dicampur saja” pikirku jadi rasa kangen dengan kedua masakan tersebut bisa sama-sama terobati ๐Ÿ˜„

Woilaa.. jadilah menu Bubur Lemu disiram dengan sayur labu, telur kukus, dan ayam kampung. Ugh so so good!!! ๐Ÿคค๐Ÿ˜

Kalau ditanya hanya makan bubur segini aja bisa kenyang? pastinya jawabannya tidak haha. Makanannya sebegitu enak jadi, ketika aku pulang membungkus nasi liwet vol.2 ๐Ÿ˜‚

Rasanya seperti yang dibayangkan perpaduan dua menu yang sama-sama gurih seperti meledak di dalam mulut. Menurutku ini adalah kombinasi yang pas untuk pecinta makanan gurih.

Kesimpulan

Berkunjung ke Warung Nasi Liwet & Bubur Lemu Mbah Narti yang di tanpa sengaja ini sangat di rekomendasikan untuk para pelancong yang ingin mencicipi citera rasa makanan has Kota Solo. Untuk rasa pastinya sangat enak, rasanya seperti makan makanan “Si mbah” atau eyang. Jadi tidak diragukan lagi rasanya.

Apalagi ditambah keramahan, pelayanan yang baik, serta karak rambak yang gratis membuat para pengunjung nyaman untuk makan.

Untuk harganya juga tergolong sangat murah, untuk ย satu porsi nasi liwet dengan suiran ayam kampung harganya tidak lebih dari Rp.15.000. Jadi berkunjung ke Nasi Liwet & Bubur Mbah Narti pastinya recommended banget ketika berkunjung ke Kota Solo!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Related Articles

This Post Has 13 Comments

  1. mengapa diberi nama bubur lemu ya? jadi penasaran nih. Ini bubur putih biasa itu kan? terus disiram kuah?
    Penasaran juga dengan rasanya.
    Kuliner Solo memang enak-enak sih.

  2. Jadi kangen nasi liwetnya… kalo bubur lemu belum pernah nyoba. Kuliner nusantara memang luar biasa, untuk mendapatkan rasa yang sedap di lidah tak harus membayar mahal. Terimakasih infonya, kapan2 akan mampir makan bubur lemu…

  3. Namanya bubur lemu apakah karena mengandung lemak dan kolesterol tinggi? Hehe paduan mantap ya nasi liwet dan bubur lemu jadi mengundang selera makan banget dehh

  4. Nasi liwetnya itu loh ngangenin. Bubur lemunya pasti legit. Bikin ngiler aja, padahal baru membayangkan aja.

    Apa ada jasa titip kuliner Solo?

  5. hmmm, nasi liwetnya ini kok bikin ngiler…. cateeeet ah nanti kalo ke Solo musti nyoba nongkrong di sini nih…. heheheheh…. itu yang pakai baju corak merah mbah narti nya ya?… mungkin diberi nama bubur lemu karena sing gawe lemu hihihihi… berkah yo dodolan ne mbah narti …. muuuaaaacchh

  6. Nasi liwet…! Wuaduh, jadi pengin balik ke Solo nih. Apalagi lihat aneka lauk pauknya…Makasih rekomendasinya

  7. baru tau disini nama makanan bubur lemu Mba, jadi penasaran, kalau nasi liwet uda sering dengar, ngeliat lauk pauknya itu dari warna tampilannya kelihatan cita rasa rempah yang khas sekali, solo mmg tempatnya kuliner ya

  8. Udah lama banget enggak makan nasi liwet, jadi pengen nih Mbak Aqma. Apalagi rasa arehnya, yang bikin nagih. Btw, bubur lemu penyelamat saat sakit gigi, hehe.

  9. Penasaran kenapa dikasih nama bubur lemu? Apa karena yang bikin si bubur itu orangnya lemu (gemuk)? Atau kalau makan bubur itu bisa bikin lemu? Hihihi

  10. Okee dicatet dulu barangkali besok-besok ke solo, bisa jadi rekomendasi tempat makan yang oke kayaknya. Terimakasih informasinya kaak..

  11. Harus mampir nih kalo kapan” ke solo

  12. ngeliat foto-fotonya udah bikin ngiler. Sekilas kayak kare yang dimakan sama lontong. aku ngebayanginnya itu soalnya, pokoke enakk

  13. Suamiku juga orang solo, jadi buatku solo udah kayak kampung kedua setelah Medan ๐Ÿ˜„. Banyak sih kuliner solo yg aku suka banget mba, trutama yg gurih, tapiii Ntah kenapa nasi liwet Ampe skr blm bisa doyan. Cuma yg dimasak Ama asisten mama mertua aku sukaaaa. Rasanya enak. Telur putih dan kuningnya ga amis. Dan rawit merah di kuah sayurnya banyak, JD aku yg suka pedes bisa terobati ๐Ÿคฃ.

    Cuma kalo bubur lemu aku doyan. Blm semua dicoba sih yg ada di solo. Palingan yg biasa aku makan bubur lemu +gudeg ceker Bu Kasno yg buka dini hari itu. ๐Ÿ˜„

Leave a Reply

Hello ๐Ÿ’›

Marina

Travel Blogger

Iโ€™m a fan of traveling and taking pictures along the way, including that feeling of waking up in difference places and getting the excitement of talking to other people about their travel stories, or just simply enjoying the moment.

Marina

Instagram
Popular Stories
Let's Explore!
Community
Ads
Close Menu