Serunya Berkuda Di Pamulang Equestrian Centre – Horse Stable Review

Ingin mencoba olah raga berkuda di area Jakarta dengan tempat yang nyaman, bersih, dan bersahabat? teman-teman bisa mencoba untuk berkuda di Pamulang Equestrian Centre. Pada blog ini, saya mau berbagi informasi tentang Pamulang Equestrian Centre. Jadi jika kamu berminat untuk berkuda atau sedang mencari referensi, Pamulang Equestrain Centre/Pamulang Stable bisa menjadi salah satu opsi tempat berkuda.

“In Riding Horse, We Borrow Freedom.”

โ€“ Helen Thomson

๐ŸŒป Table of Contents

๐ŸŒž๐ŸŒด๐ŸŒŠ

Pamulang Equestrian Centre merupakan salah satu stable yang tertua di Indonesia. Didirikan oleh Ibu Oetari Soehardjono di tahun 1982. Selama ini, Pamulang sudah memunculkan generasi-generasi kuda terbaik di Indonesia, baik kuda pacu, kuda tunggang, maupun kuda jumping. Trademark dari kuda-kuda yang lahir di Pamulang Stable memiliki lambang huruf “S”. Jadi kalau teman-teman pernah melihat huruf “S” pada kuda, besar kemungkinan kalau kuda tersebut adalah hasil Breeding/Perkembangbiakan dari Pamulang Stable.

Pamulang Equestrian Centre menyediakan berbagai pilihan cabang olah raga berkuda, antara lain:

  • Pony Rides
  • Riding Lesson
  • Breeding
Kuda di Pamulang Stable
Salah satu kuda di Pamulang Equestrian Centre
๐ŸŒž๐ŸŒด๐ŸŒŠ

Lokasi dari Pamulang Stable

Perjalanan ke Pamulang Equestrian Centre sayaย mulaiย sekitar pukul 7 pagi dari Pancoran.ย Sesuai dengan namanya, Pamulang Stable terletak di daerah Pamulang. Cukup mudah untuk menuju lokasi karena terletak persis dipinggir jalan raya. Karena masih pagi dan tidak macet, pukul 7.45 saya sudah sampai ke Pamulang.

Terasa sudah tidak sabar ketika saya sampai di gerbang Pamulang Stable. Terlihat kuda-kuda yang berlarian di area sekitar paddock/area mengumbar kuda.

Ahh~ Another Horse Heaven! ๐Ÿ˜๐Ÿด

suasana pamulang stable

Setelah parkir, saya langsung bergegas untuk berkeliling dan melihat-melihat kuda dan menemui Dea, teman satu angkatan sewaktu belajar menunggang di UGM (Hi De! :)). Kami berdua sudah janjian untuk mengadakan reuni kecil sambil berkuda di Pamulang. Senang sekali bisa bertemu dengan teman lama. Apalagi dengan melihat pernak-pernik berkuda seperti helm, boots, dan saddle jadi seperti flashback ke tahun-tahun kita kuliah dulu.ย Maklum kita sebagai seorang pecinta kuda yang bisa dibilang adalah “Horseย Addict ๐Ÿ™ˆ“, mood kita akan bisa langsung berubah jadi ceria secara instant ketika melihat sesuatu yang identik dengan berkuda.ย 

Alamat Pamulang Equestrian Centre: Jl. Pajajaran Raya No. 3, Pamulang,ย Tangerang Selatan

Suasana Di Pamulang Stable

Suasana di Pamulang menjadi salah satu faktor yang paling saya suka ketika berkunjung ke stable ini. Mulai dari kuda-kuda yang sehat dan gemuk, kebersihan kandang, kerapihan lingkungan, pelatih dan staff yang informatif dan baik menjadi hal yang paling berkesan dari Pamulang Equestrian Center.ย 

Kuda di Pamulang Equestrian Stable
Pelatih Pamulang Stable
Om Anto, Pelatih Senior Di Pamulang Equestrian Centre

Setelah puas melihat kuda, saya menuju arena utama latihan berkuda dan melihat Dea yang sudah mulai latihan menunggang kuda dilatih oleh Om Anto. Om Anto adalah pelatih senior di Pamulang Equestrian Centre. Sudah lebih dari 15 tahun Om Anton berkarir dalam dunia berkuda Indonesia, jadi sudah terjamin kalau dilatih beliau, pastinya akan bisa menunggang dengan handal.ย 

Kecintaanya terhadap olah raga berkuda, membuat beliau yang sudah pernah mencoba bekerja kantoran, untuk keluar dan kembali lagi terjun ke dunia berkuda dengan menjadi pelatih berkuda.

“Enak ngga om untuk melatih di Pamulang?” Tanya saya kepada Om Anto.

“Enak melatih di Pamulang, karena lingkungan dan suasana di Pamulang mendukung rider-rider untuk lebih fokus belajar dan berlatih menunggang” Jawab Om Anto.

Lapangan outdoor Pamulang Equestrian Centre
Om Anto melatih Dea menunggangi kuda coklat bernama "Galaxy"
๐ŸŒž๐ŸŒด๐ŸŒŠ

Untuk arena dan fasilitas latihan, salah satu impression pertama saya ketika memasuki area stable, adalah luasnya lahan di Pamulang Equestrian Centre, mulai dari arena paddock, area outdoor, indoor arena, termasuk juga restaurant.ย 

Untuk tempat latihannya sendiri, terdapat lebih dari 3 arena menunggang, 1 arena indoor, dan lahan-lahan paddock untuk kuda-kuda bersantai dan makan rumput.ย 

Indoor arena Pamulang Equestrian Centre
Arena Indoor Pamulang Equestrian Centre

Arena latihan untuk para penunggang yang baru belajar biasanya akan di arena indoor, karena harus di lunging/menggunakan tali. Sedangkan lapangan outdoor digunakan oleh penunggang kuda yang sudah mahir dalam menunggang dan mengarahkan kudanya.ย 

Beruntung saya bisa menyaksikan latihan jumping salah satu penunggang di arena outdoor, jadi bisa mengingatkan waktu-waktu duluย latihan-latihan jumping sewaktu kuliah dulu (pengalaman terindah haseeek~ ๐Ÿ˜‚).

Latihan di Pamulang Equestrain Centre
Jumping lesson di Pamulang Equestrian Centre

Menunggang Kuda Bernama "Sukoi" ๐Ÿš€

Akhirnya waktu saya tiba untuk trial latihan berkuda.. Deg..deg..degan pastinya, karena sudah lama tidak berkuda. Untungnya saya masih ingat (tipis-tipislah ya haha ๐Ÿ˜…).ย 

Saya memasang helm berkuda dan berjalan menuju tangga yang mempermudah saya untuk menaiki kuda.ย 

Kuda yang saya tunggangi bernama Sukhoi. ย Iya… Sukhoi seperti nama jet tempur milik Russia. Kuda berwarna hitam ini sangat gagah, apalagi dengan perlengkapan menunggang yang didominasi warna hijau mudanya. Oiya Btw, walaupun Sukhoi identik dengan nama jet tempur, karakter dari Sukhoi sendiri sangatlah baik alias “Good Boy Material!ย ๐Ÿ˜Œ” Sukhoi sudah terbiasa ditunggangi oleh rider-rider Pamulang Equestrian Stable, jadi pastinya Sukhoi sangat enak untuk ditunggangi dan ramah terhadap rider-rider yang baru belajar.

Berkuda di Pamulang Stable
Menunggangi Sukhoi di Indoor Arena Pamulang Equestrian Centre

Dengan Trial Lesspon, saya mendapatkan waktu sekitar 20-30 menit untuk menunggang Sukhoi bersama seorang trainer. Trainer sewaktu saya menunggang Sukhoi adalah Mas Joseph.ย 

Selama 20 menit, Mas Joseph mengingatkan saya tentang tata cara naik kuda, seperti cara memegang reins (tali kendali), cara mengatur langkah kuda, hingga postur tubuh ketika menunggang kuda. Kegiatan lumayan yang membuat nafas “ngos-ngosan” (maklum faktor usia dan sudah lama tidak berkuda ๐Ÿ˜‚).

Pricelist/Harga Untuk Menunggang Di Pamulang Equestrian Centre

Harga untuk menunggang di Pamulang Equestrian Centre sangatlah terjangkau, terutama untuk rider-rider pemula yang baru ingin mencoba untuk berlatih menunggang kuda. Berbagai kalangan dan berbagai umur berkuda di Pamulang Equestrian Centre. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, semua berkumpul bersama untuk menunggang kuda.

Suasana berkuda di Pamulang

Untuk yang belum pernah mencoba berkuda sama sekali, teman-teman bisa mengambil opsi seperti saya kemarin ketika mengunjungi Pamulang Equestrian Stable yaitu, Lesson Trial (Rp.175.000) untuk mencoba dan mengetahui apa saja yang akan teman-teman pelajari ketika ingin mengikuti kelas lanjutan.

Daftar harga berkuda di Pamulang Equestrian Centre

Kalau teman-teman sudah pernah dan ingin mencoba belajar berkuda lebih jauh lagi bisa mengikuti Private Lesson. Untuk Private Lesson, kamu bisa memilih level dari tipe kelas pelatihnya:

  • Trainer : Pelatih yang juga masih belajar untuk dasar-dasar dalam berkuda
  • Instructor: Pelatih yang cukup menguasai teknik-teknik berkuda, tetapi pengalaman berkudanya masih dalam proses.
  • Coach: Pelatih yang sudah punya banyak pengalaman dalam perlombaan berkuda selama bertahun-tahun.
  • Freelance: Membawa pelatih sendiri dari luar atauย Basicnya hanya meminjam kuda di Pamulang.
๐ŸŒž๐ŸŒด๐ŸŒŠ
Suasana dari restaurant Pamulang Equestrian Stable
Pemandangan Arena Outdoor dari Restaurant yang berada di lantai 2

Akhirnya waktu makan siangpun tiba, dan saya senang sekali karena Pamulang Equestrian Centre mempunyai restaurant dengan menu varian makanan yang banyak. Setelah selesai berkuda, rasa capeknya terbayarkan dengan makanan-makan yang bisa kita santap. Saya langsung sergap untuk memesan Dimsum, Mie Indomie telur, Es Milo, dan Satu Batok Kelapa Muda (Baru sadar kalau ternyata saya lapar pake banget haha ๐Ÿ˜‹). Memang benar makan setelah berkuda itu berasa enak sekali dan pastinya karena energi terpakai untuk menunggangi kuda.

Kesimpulan

Overall, Pamulang Equestrian Centre mempunyai atmosphere yang menyenangkan. Bisa terasa bahwa Pamulang Equestrian Centre adalah Family-Owned-Stable yang artinya rasa-rasa kekeluargaan bisa terasa, walaupun itu pertama kalinya saya kesana dan langsung merasa betah. Tidak terasa selama 7 jam saya berada di Pamulang Equestrian Centre.ย 

Saya tidak langsung pulang setelah berlatih, tetapi saya dan teman-teman saya malah menikmati suasana dan pemandangan Pamulang Equestrian Stable dari restaurannya. Suasananya seperti berasa dirumah Eyang/Nenek sewaktu kita kecil dulu, jadi waktupun berlalu begitu cepat ๐Ÿ˜.

Berkuda di Pamulang Equestrian Stable

Suasana dari Pamulang Equestrian Centre juga tidak kalah penting. Walaupun dekat dengan jalan raya, stable dan arena latihan tidak terdengar berisik, sehingga sama sekali tidak mengganggu konsentrasi ketika menunggang.

Fasilitas yang disediakan oleh managemen dan staff bisa dibilang sangat lengkap dengan standar lapangan dan fasilitas equestrian centre yang bermutu dan berkualitas sehingga kita merasa sangat nyamanย โ˜บ๏ธ

Setelah mencoba datang ke Pamulang Equestrian Centre, dari pengalaman saya sendiri, saya bisa merekomendasikan tempat ini sebagai tempat latihan berkuda yang nyaman dan cocok untuk penunggang kuda dengan berbagai background dan kemampuan berkudanya.

Jadi apa kalian semakin tertarik untuk mencoba olah raga berkuda? Atau ada yang ingin mengunjungi dan berkuda di Pamulang Equestrian Centre? hehe. Semoga blogpost kali ini bisa membantu memberikan infomasi-informasi baru seputar dunia olah raga berkuda. Cheers and Happy Riding!

Berkuda di Pamulang Stable
Riding Buddies (Dari Kanan): Dea, Kak Afa, & Danes. Thanks for inviting me to ride horses with you guys ๐Ÿ’—
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Related Articles

This Post Has One Comment

  1. Ouh ini yang di tanggerang selatan ya yang deket ciputat.. makasih infonya kak blog nya bagus banget.

Leave a Reply

Terima Kasih Sudah Membaca ๐Ÿ’›

Aqmarina

Travel Blogger

Iโ€™m a fan of traveling and taking pictures along the way, including that feeling of waking up in difference places and getting the excitement of talking to other people about their travel stories, or just simply enjoying the moment.

Aqmarina

Instagram
Popular Stories
Ads
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia
Let's Explore!
Community
Close Menu