10 Manfaat Berkuda

Taukah Kamu Menfaat Berkuda? 10 Manfaat Berkuda Yang Wajib Kamu Ketahui

“There is much we can learn from a friend
who happens to be a horse.”

โ€“ Aleksandra Layland

Setiap tahunnya kepopuleran olah raga berkuda semakin bertambah. Banyak masyarakat yang mulai tertarik untuk mencoba untuk berkuda. Ada berbagai macam alasan mereka untuk merasakan secara langsung untuk mengetahui manfaat yang diberikan oleh olah raga berkuda ini.

Sebagai seorang yang gemar dan mencintai binatang berkaki empat ini, personally aku ingin berbagi informasi tentang manfaat dari berkuda yang aku dan teman-teman (yang hobi dengan berkuda) rasakan setelah bergabung dengan komunitas berkuda (hehe jadi ini sudah approved ya gais ๐Ÿ˜).

Jadi aku harap teman-teman membaca blog ini sampai selesai agar mengerti kenapa aku bisa jatuh hati (eh ๐Ÿ˜) dengan kuda dan olah raga berkuda.

๐ŸŒž๐ŸŒด๐ŸŒŠ

Manfaat berkuda ada berbagai macam, jadi biar memudahkan teman-teman dalam membaca, aku sudah memisahkan manfaat berkuda sesuai dengan kategori yaitu Manfaat Fisik dan Kesehatan, Manfaat Psikologi, dan Manfaat Pengembangan Kepribadian. Semoga blog ini bisa membantu untuk teman-teman yang tertarik untuk mencoba olah raga berkuda.

Without further ado, apa teman-teman makin penasaran tentang manfaat dari olah raga berkuda, mari simak menfaat-manfaatnya dibawah ini (Happy Reading! ๐Ÿค“)

Menjaga Fisik dan Kesehatan Dengan Berkuda

1. Olah Raga Kardio

Siapa bilang kalau berkuda itu adalah olah raga pasif karena yang bergerak adalah kuda yang kita tunggangi? Ehem.. ini adalah persepsi yang salah. Jangan dikira berkuda hanya duduk-duduk santai diatas kuda ya (hehe ๐Ÿ˜‚). Berkuda merupakan olah raga yang cukup intense untuk menguras tenaga karena termasuk olah raga kardio.

Jadi jika teman-teman ingin cepat untuk mengecilkan berat badan, bisa mencoba olah raga berkuda ini. Dengan berkuda kita bisa membakar lemak secara aman dan signifikan. Apalagi jika sudah menyukai kuda, akan terasa seperti tidak berolah raga ๐Ÿ˜Šย 

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Sitting position atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan posisi duduk ketika berkuda, sangatlah penting. Dalam berkuda, etika untuk duduk lurus dan tegap, terutama dalam dunia Dressage (Cabang berkuda yang memperlihatkan kepawaian berkuda dalam tunggang serasi), menjadi penilaian dalam kompetensi dan perlombaan. Jadi pastinya, berkuda akan membatu untuk membuat postur para penungganya (rider) untuk terbiasa duduk dengan sikap tegap.

3. Memperkuat Otot Perut & Kaki

Siapa sih yang tidak mau mempunyai otot-otot perut dan kaki yang kuat? Dengan mengikuti kegiatan berkuda, teman-teman bisa melatih kekuatan otot-otot perut dan kaki secara bersamaan. Karena dalam mengatur kendali kuda, kita harus mampu bertumpu pada kekuatan otot perut dan kaki kita.

Untuk seimbang diatas kuda kita akan belajar yang namanya “Heels down” atau pejalaran untuk posisi tumit kaki dan betis agar bisa memeluk tubuh kuda supaya tidak jatuh ๐Ÿ™ˆ

Latihan berkuda pun juga begitu, bagian-bagian yang paling sering terlatih adalah otot-otot tersebut. Sehingga jangan khawatir jika setelah latihan berkuda, otot perut dan kaki lah yang akan yang paling terasa. Itu artinya kita telah benar-benar melatih bagian tubuh kita.

4. Melatih Keseimbangan, Koordinasi, & Konsentrasi

Berkuda pastinya bukan olah raga individual, melainkan olah raga yang beranggotakan penunggang (rider) dan kuda yang ditunggangi. Inilah yang membuat olah raga berkuda unik karena keduanya adalah makluk hidup dan memiliki pemikiran masing-masing. Itulah mengapa Keseimbangan, Koordinasi, dan Konsentrasi dari penunggang sangatlah penting dalam berkuda.

Ya.. iya.. masa kuda mau ke kanan tapi kita mau ke kiri. Jadi tidak masuk akal dong haha.. maka dari itu penunggang dan kuda haruslah bisa berkomunikasi dengan baik.ย 

Bagaimana cara berkomunikasi dengan kuda? Dengan gaya tubuh dan saling memahami ritme (rhythm) kuda. Contohnya: ketika kita menyuruh kuda untuk berbelok kita gunakan gaya tubuh dan keseimbangan kita untuk membantu agar kuda bisa mengerti perintah untuk berbelok.

Olah raga berkuda memberikan berbagai manfaat
Banyak sekali manfaat dari berkuda yang aku rasakan

Manfaat Psikologi Dalam Berkuda

5. Membuat Hati Senang

Tau tidak sih kalau ketika berkuda tubuh kita mengeluarkan zat Endorphine yang bisa membuat kita merasa senang? Berkuda juga bisa mengurangi rasa moody dan stress yang kita alami.ย 

Kalau untuk teman-teman Equestrian (penunggang kuda) bilang, “Dimanapun dan kapanpun kita melihat kuda, perasaan kita akan langsung menjadi senang secara instant.” ๐Ÿ˜๐Ÿด

Aku jadi teringat ketika sedang stress dengan kuliah dulu, tempat pertama yang aku tuju pastinya adalah kadang kuda/stable. Setelah menunggang kuda, perasaan-perasaan kesal atau stress akan tugas kuliah akan hilang dan jadi lebih semangat untuk mengerjakannya ๐Ÿ˜‚ Mood pun juga ikut berubah hehe.

6. Rasa Sayang Terhadap Binatang Khususnya Kuda

Berkuda memberikan manfaat psikologis secara langsung. Berkuda mengajari kita tentang bagaimana cara berkomunikasi (bonding time) dengan kuda. Hubungan inilah yang menjadi spesial karena kita dan kuda tidak bisa berkomunikasi secara verbal.

Menumbuhkan kepercayaan antara kuda dengan penungganya juga sama penting halnya. Seperti menumbuhkan kepercayaan dengan sesama manusia, menumbuhkan kepercayaan dengan kuda juga memerlukan waktu. Sehingga rasa sayang kepada binatang khususnya kuda sebagai teman kita menjadi landasan yang utama dalam berkuda.ย 

7. Melatih Rasa Sabar

“There are only two emotions that belong in the saddle; one is a senseย of humor and the other is patience.”

– John Lyons

Berkuda bukanlah olah raga yang bisa dilakukan secara instant. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, kuda juga merupakan mahluk hidup yang mempunyai akal pemikirannya sendiri. Jadi jika ingin mahir berkuda, kita juga harus menyiapkan diri untuk bersabar dalam berlatih.

Olah raga berkuda ini adalah olah raga yang komplek karena harus banyak yang perlu dipelajari, mulai dari latihan fisik, mental, dan psikologi sehingga untuk bisa menguasai kompetensi dalam berkuda tersebut, kita harus bersabar dan tekun dalam mempelajari olah raga berkuda.

Manfaat Berkuda Untuk Pengembangan Kepribadian

8. Mencoba Hal-Hal Baru

Kalau teman-teman ingin mencoba hobi yang berbeda dan unik, nah opsi untuk olah raga berkuda bisa menjadi alternatif. Walaupun sudah bertahun-tahun ada di Indonesia, cabang olah raga berkuda masih relatif baru dikalangan masyarakat. Beberapa tahun belakangan ini, berkuda baru naik daun. Banyak dari kalangan artis dan influencer yang menyukai olah raga ini. Jadi untuk teman-teman yang ingin mencoba olah raga kekinian dan unik, wajib untuk mencoba berkuda ya!

9. Cara Mengatasi Rasa Takut & Cemas

Berkuda adalah olah raga yang bisa dibilang bisa membuat jantung berdebar. Pastinya ketakutan dan kecemasan kita kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti jatuh. Ini merupakan hal yang wajar bagi kita untuk merasa cemas. Jadi, secara langsung berkuda mengajari kita untuk merubah dan mengontrol pola pikir (mindset) kita untuk lebih positif.ย 

โ€œThere is freedom waiting for you, On the breezes of the sky, And you ask “What if I fall?” Oh but my darling, What if you fly?โ€

– Erin Hanson.

Manfaat berkuda untuk kesehatan

10. Mengajari Rasa Bertanggung Jawab

Berkuda akan mengajari kita rasa bertanggung jawab, bukan hanya kepada diri kita sendiri, tetapi kepada kuda juga. Inilah yang membuat olah raga berkuda berbeda dari olah raga lainnya. Jika olah raga lainnya kebanyakan menggunakan media benda mati, seperti bola, tidak dengan berkuda. Dalam berkuda, kita harus ikut serta untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan kuda ๐Ÿ˜Š๐ŸŽ

Pengalamanku dulu ketika belajar berkuda, setelah selesai latihan, aku diwajibkan untuk ย melakukan Stable Chores (Tugas Kandang). Tugas kandang biasanya dilakukan sebelum dan sesudah latihan, diantara lain:

  • Membersihkan kandang
  • Membersihkan kuda sebelum dan sesudah latihan
  • Membersihkan perlatan setelah dipakai
  • Menyiapkan pakan kuda setelah latihan
๐ŸŒž๐ŸŒด๐ŸŒŠ

Itulah beberapa manfaat-manfaat dalam berkuda. Semoga blog ini dapat membantu dan memberikan informasi tentang olah raga berkuda. Happy Riding!

Nah teman-teman ada yang tertarik dengan olah raga berkuda? Atau apa ada yang takut dengan kuda? Pernahkah mencoba untuk menunggang kuda?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Related Articles

This Post Has 17 Comments

  1. Aku termasuk yg takut :p. Sukaa siih Ama kuda, tp utk naik, rasanya cukup sekali, udah lama banget. Trus aku serem sendiri, dan kaki kram hahahaha.

    Kayaknya cara heels down nya yaaa yg salah :D. Sejak itu ga berani lagi sih mba.

    Tapi anak ku seneeeeng nih Ama kuda. Walopun baru utk main2 doang , yg pake diguide gitu. Ntr laaah kalo mereka sampe minta les berkuda, baru aku pikirkan lagi :D.

  2. woww ternyata manfaatnya cukup banyak juga. Pengen tapi aku takut hahaha, justru rasa takut itu harus diatasi dengan mencoba berkuda ini ya.
    nah salah satu manfaatnya mengatasi rasa takut dan cemas… kira kira berani ga ya aku ๐Ÿ˜€

  3. Manfaatnya banyak juga ya kak, jadi pengin naik kuda

  4. Kunci dari berkuda ini sepertinya keseimbangan ya mbak, karena ada temen yang cerita katanya berkuda itu gak semudah kelihatannya, kudu sabar melatih diri pelan-pelan, haha.

  5. Ternyata berkuda nggak sekedar berlari dengannya tapi juga berkomunikasi dengannya juga ya. Plus ada manfaat2 lain utk diri kita… Kakak ini keren, bisa berkuda kemana-mana.

  6. Iya sedang hits ya olahraga ini apalagi anak-anak sayangnya lokasinya jauh dari rumahku pengen anak-anak bisa mencoba berkuda juga

  7. Ternyata berkuda itu bisa membakar lemak dan mengencangkan tubuh ya karena mengendalikan kuda tidak mudah…

  8. Aku jadi pengen coba berkuda deh jadinya… Kayaknya seru…^^ Makasih mba infonya…

  9. Jujur saya takut naik kuda…pengen banget…tapi ketakutan melebihi keinginan๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚….padahal mungkin menyenangkan
    juga yaa kalau bisa naik kuda

  10. waaaah kayaknya aku perlu belajar berkuda neh mba…. soalnya kata anak-anakku aku ga sabaran orangnya. nah berkuda bisa melatih kesabaran kan hehehehe….. tapi aku baru nyoba naik sekali aja udah gemeteran mbaaaaaa

  11. jujur belum pernah naik kuda, takut jatoohh hahaha. hmm, aku baru tau berkuda bisa melatih konsentrasi dan kesemimbangan juga ya mba, jadi kepengen deh buat upgrade diri ๐Ÿ˜€

  12. Wah Mbak keren baget bisa berkuda, aku 10 menit di atas kuda buat foto doang gemeteran minta ampun, mana keringat dingin keluar. Hahahaha gak kebayang kalau kudanya ngamuk. Ampun.. hahaha

  13. Aku pun suka mba, tapi sejauh ini belom pernah dapet kesempatannya. Mentok cuma menikmati para penunggang kuda latihan doang. Semoga someday bisa ikutan juga

  14. Ternyata berkuda bisa bikin langsing ya, itu yang aku suka, mba, hehehe, melatih adrenalin juga ya, kalau saya masih takut naik kuda

  15. Asiik mbak, ada batasan maks usia ga nih untuk olahraga berkuda. Karena ternyata termasuk olahraga berat juga ya klo baca tulisan mbak.

  16. Pengen banget bisa berkuda apalagi berkuda meski takutnya minta ampun. Takut jatuh gitu. Ternyata manfaat berkuda sangat banyak ya.

Leave a Reply

Terima Kasih Sudah Membaca ๐Ÿ’›

Aqmarina

Travel Blogger

Iโ€™m a fan of traveling and taking pictures along the way, including that feeling of waking up in difference places and getting the excitement of talking to other people about their travel stories, or just simply enjoying the moment.

Aqmarina

Instagram
Popular Stories
Let's Explore!
Community
Ads
Close Menu