Tips-Tips Traveling: Liburan Tahun Baru Ditengah Pandemi Covid-19

Tips-Tips Traveling: Liburan Tahun Baru Ditengah Pandemi Covid-19

Hi semua..Liburan Natal dan Tahun Baru telah tiba wii ๐Ÿ˜Š

Adakah yang sudah mempunyai rencana untuk liburan di dalam kota atau luar kota? Atau adakah yang akan menghabiskan liburan di rumah? (Aku sendiri akan liburan layer-leyeh dirumah aja haha).

Kalau teman-teman ingin liburan dan traveling, mungkin inilah saatnya untuk untuk berpergian dengan keluarga atau teman-teman. Nah biar liburan teman-teman aman, aku sudah merangkum beberapa tips agar liburan teman-teman bisa maksimal tanpa rasa khawatir karena sedang berada di tengah pandemi Covid-19.

Yuk, langsung aja dibaca ๐Ÿ™‚

1. Memastikan Kondisi Kesehatanmu

Ini adalah step yang terpenting, yaitu memastikan kondisi kesehatan sebelum melakukan liburan/traveling. Pastikan kondisi kesehatanmu dalam keadaan fit dan sehat karena virus Covid-19 akan mudah masuk ke dalam tubuh yang sistem kekebalan tubuhnya rentan.

Jika kamu sudah menemukan gejala-gejala tidak enak badan, sebaiknya kamu menunggu ketika badan sudah kembali normal dan jangan dipaksakan untuk liburan (Walaupun terkadang Europhia Liburan sudah menggebu-gebu hehe.. ingat kesehatan lebih penting ditengah pandemi saat ini).

Melakukan Tes Swab sebelum melakukan perjalanan bisa membantu untuk memastikan keselamatan banyak orang.

2. Mencari Destinasi Dengan Jumlah Kasus Covid-19 Terendah

Jika teman-teman ingin berlibur ke luar kota, ada baiknya untuk mengecek daerah-daerah yang memiliki jumlah kasus Covid-19 sedikit. Berikut adalah kota-kota dengan jumlah pasien Covid-19 tertinggi dan terendah yang diupdate di bulan Desember, dikutip dari TribunNews.com:

Provinsi dengan jumlah kasus Covid-19 Tertinggi:

1. D.K.I. Jakarta

Jumlah Kasus : 136,861 (25.4%)

2. Jawa Timurย 

Jumlah Kasus : 61,883 (11.5%)

3. Jawa Tengah

Jumlah Kasus : 55.896 (10.4%)

4. Jawa Barat

Jumlah Kasus : 52.517 (9.7%)

5. Sulawesi Selatan

Jumlah Kasus : 20.657 (3.8%)

Provinsi dengan jumlah kasus Covid-19 Terendah:

1. Kepulauan Bangka Belitung

Jumlah Kasus : 1.002 (0.2%)

2. Nusa Tenggara Timur

Jumlah Kasus : 1209 (0.2%)

3. Kalimantan Utara

Jumlah Kasus : 1465 (0.3%)

4. Sulawesi Barat

Jumlah Kasus : 1.470 (0.3%)

5. Bengkulu

Jumlah Kasus : 1.823 (0.3%)

3. Bagaimana Menjaga Diri Aman Dari Covid-19?

  • Kenakan masker di mana pun dan kapanpun. Penelitian telah menunjukkan bahwa masker membantu mencegah penyebaran COVID-19, dan semakin banyak kita yang memakainya, semakin baik.
  • Berlatih jarak sosial (Social Distancing). Pertahankan jarak sejauh 2 meter ketika berada di tempat publik.
  • Patuhi semua peraturan setempat, dan ketahui peraturan itu sebelum Anda bepergian. Jika suatu destinasi memiliki karantina wajib bagi kedatangan dengan hasil tes positif, jangan berbalik dan naik pesawat untuk pulang, yang berpotensi menginfeksi ratusan wisatawan lainnya.
  • Jangan berasumsi bahwa karena suatu tempat telah dibuka, tidak ada risiko penyebaran Covid-19 lagi. Beberapa tempat mungkin dibuka karena tekanan politik dan ekonomi, bukan karena telah memberantas virus.
  • Cuci tangan Anda secara menyeluruh dan teratur, dan hindari menyentuh wajah Anda. Selalu mencuci tangan dan gunakan hand-sanitizer setelah menyentuh benda-benda di tempat publik (conto: ATM) dan setelah bersentuhan dengan orang lain.
  • Jika Anda memiliki gejala COVID-19, atau merasa Anda mungkin telah terpapar, jangan bepergian. Orang-orang yang terpapar Covid-19 tanpa gejala sebaiknya tidak berpergian karena akan beresiko untuk menularkan virus kepada orang lain. 

4. Menghindari Kerumunan Ketika Berlibur

Ketika liburan, Pilihlah aktivitas yang jauh dari kerumunan. Ativitas seperti mengunjungi area-area terbuka / taman nasional bisa menjadi alternatif bagi para traveler yang ingin menikmati suasana liburan yang aman dan rileks.

5. Bagaimana Jika Bertemu Dengan Orang Yang Tidak Menggunakan Masker?

Permasalahan yang sering kita jumpai ketika traveling/liburan ke daerah-daerah yang tidak mewajibkan pemakaian masker kepada penduduknya. Kita sebagai wisatawan pendatang, harus selalu mematuhi protokol ketika berwisata di luar kota, walaupun masyarakat di tempat liburan tidak ada yang menggunakan masker.ย 

Tips ketika bertemu dengan masyarakat yang tidak menggunakan masker:

  • Meminta untuk mematuhi jarak sosial yang aman yaitu 2 meter dari kita.
  • Jangan pedulikan jika kita dibilang lebay atau ditertawakan. Tidak hanya kita akan melindungi diri kita sendiri, kita juga melindungi masyarakat lokal dari wabah Covid-19.
  • Memberikan informasi tentang Covid-19 dan bagaimana agar tidak tertular dari wabah tersebut. Masih adanya masyarakat yang menganggap ringan Covid-19 dapat memperpanjang pandemi di Indonesia ini.

Demikianlah tips-tips untuk teman-teman yang ingin merencanakan liburan Natal dan Tahun Baru. Semoga momen-momen bahagia ini dapat terus terlaksana dengan aman walaupun ditengah Pandemi Covid-19 dengan selalu mengikuti protokol kesehatan di Indonesia.ย 

Kalau teman-teman, pada mau liburan kemana akhir tahun ini?

Selamat liburan dan ingat untuk selalu menjaga kesehatan ๐Ÿ’›

This Post Has 11 Comments

  1. Sangat bermanfaat nih infonya, cuman kayaknya tahun ini dirumah aja hehe

    1. Iya haha sama, dirumah duduk tenang ya haha… padahal kalau tahun-tahun sebelumnya bakalan sedir kalau tahun baru dirumah.. tapi sekarang bisa dibuat senang walaupun hanya dirumah haha

  2. Kak Aqma, thank you untuk tips-tipsnya ๐Ÿ˜
    Happy holiday untuk Kak Aqma! Meskipun hanya leyeh-leyeh di rumah, tapi bisa leyeh-leyeh dengan tanpa memikirkan apa-apa itu enak banget ๐Ÿคฃ
    Aku juga liburan kali ini nggak kemana-mana kok, Kak ๐Ÿ™ˆ jadi kita sama-sama stay at home ya ๐Ÿ™ˆ

    1. Hiii mbak Liaa… senang ya mbak bisa leyeh-leyeh bahagia gitu ๐Ÿ˜‚
      Kita memang kayaknya banyak temannya #teammager untuk tahun baruan karena pandemi Covid-19, toss dulu mbak ๐Ÿคš
      Selamat tahun baru 2021 ya mbak Lia, semoga kita selalu diberikan kebahagiaan dan kesehatan ๐Ÿ’–

  3. Tosss mba, saya pun nggak ke mana-mana. Akan di rumah saja sepertinya. Tidurrrr dan mungkin lihat beberapa film atau drama hahahahaha ๐Ÿ˜‚

    Eniho, terima kasih tipsnya. Nowadays banyak turis lokal ke Bali, semoga semua tetap patuhi protokol kesehatan demi kebaikan semua ๐Ÿ˜

    1. Yaaay tosss dulu juga mbak Enoo! Bener banget tidur tenang malam ini tanpa ada rencana apapun. Walaupun berasa aneh, tapi tetep aja bisa dibuat senang dan bersyukur karena kita masih diberi kesehatan ya ๐Ÿ’–
      Iya mbak sama-sama, senang bisa sharing informasi seputar traveling.
      Amin amin mbak semoga Bali tetep bisa aman dan tidak menjadi salah satu provinsi dengan jumlah kasus terbanyak. Protokol kesehatan emang yang paling penting โ˜บ๏ธ

  4. Hai Aqma salam kenal.. blognya manis sekali lho.. makasih tipsnya ya.. Saya agak parno nih mau kemana2 padahal kasus COVId-19 di kabupaten saya ga terlalu tinggi.

    1. Hi mbak Annisa salam kenal juga โ˜บ๏ธ
      Terima kasih mbak sudah main kesini dan membaca. Seneng bisa berbagi tips tentang traveling safety biar aman ketika traveling di Tengah pandemi seperti ini ๐Ÿ’—

  5. Haloo kak Aqma… Selamat liburan yaaaak. Semoga selalu sehat.
    Tips nya sangat bermanfaat, terutama masa pandemi gini, kudu hati-hati. Hindari kerumunan. Lengah sedikit, bisa tertular dong.
    Dan gimana denganku, aku mah liburan kali ini di rumah aja heheh

    1. Hi juga Mas Dodo!! Selamat liburan juga buat kamu! Liburan dirumah untuk kita semua haha
      Terima kasih sudah mampir dan membaca.. seneng kalau bisa berbagi informasi biar aman dari Covid-19 โ˜บ๏ธ

Leave a Reply

Close Menu