wisata alam gua kebon kulon progo

Wisata Alam Goa Kebon Di Kulon Progo Yogyakarta (Ternyata Ada Flying Fox Juga Lho!)

Seperti biasa… pasti ada sesuatu di Yogyakarta! Kali ini, saya mau bercerita tentang traveling singkat sewaktu berkunjung ke kota yang selalu merindukan ini (duh sedap sekali haha ๐Ÿ˜Š). Goa Kebon adalah destinasi yang tidak sengaja saya kunjungi, karena sebenarnya saya tidak ada niatan untuk kemana-mana sewaktu di Yogya.

Ceritanya saya hanya ingin mengunjungi tante saya (Hi Tante Icun! ๐Ÿ˜Š) disana berhubung waktu itu hanya ada dua hari untuk melepas rasa kangen. Eh, namanya wisata tanpa wacana, rumah mungil baru milik Tante Icun ternyata dekat dengan tempat Wisata Alam Goa Kebon di Kulon Progo. Ya.. masa diajak berpetualang saya tidak mau? hehe ๐Ÿ˜ย akhirnya saya nurut ketika diajak untuk mengunjungi goa tersebut.

Tim dimanapun ada spot foto "cekrek" ๐Ÿ˜‚

Di hari terakhir saya di Yogya, saya, Tante Icun, Om Kadi dan Dek Rika (yang sudah menyempatkan diri untuk menemani perjalanan, walaupun siangnya mau pergi ke Bantul untuk bekerja haha) pun pergi menggunakan dua motor untuk berkunjung ke Goa Kebon.

Tidak ada ekspektasi apapun tentang goa yang terletak di kebon itu.. karena saya pikir ini adalah goa kecil yang belum banyak pengunjungnya ๐Ÿ™ˆ .. Eh ternyata setelah sampai, baru ngeh kalau ternyata Goa Kebon ini sudah menjadi destinasi wisata yang lumayan hits di Kulon Progo karena lengkapnya fasilitas yang ada disana. Oiya, Goa ini ย juga menjadi tempat tujuan untuk wisatawan yang suka Gowes atau bersepeda, karena jalur sepeda bagus untuk menuju goa ini.

Ps. Kita mengunjungi Goa Kebon ketika pandemi Covid-19, jadi kita juga mematuhi setiap protokol kesehatan disana juga. Ketika sewaktu berfoto saja kita akan melepas masker, setelah itu kita pakai kembali.ย Para pengunjung juga diwajibkan untuk memakai masker dan menjaga jarak aman kok, jadi jangan khawatir untuk berkunjung.

๐ŸŒž๐ŸŒด๐ŸŒŠ

Lokasi Goa Kebon

pemandangan goa kebon
Goa Kebon dari kejauhan

Sekitar pukul 8 pagi kita berangkat ditemani udara sejuk dan sinar matahari yang menerobos lebatnya pepohonan.ย Tidak sampai 15 menit perjalanan dari rumah mungil tante, akhirnya kita sampai di Goa Kebun. Selama perjalanan kita melihat hijaunya pepohonan Jati yang tumbuh subur di daerah tanah berkapur. Memang tempat yang cocok untuk teman-teman yang suka untuk bersepeda dengan suasana pedesaan yang masih asri.

Goa ini berada di daerah Krembangan, Kulon Progo. Letaknya bisa diakses lewat jalan raya untuk menuju Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo. Letaknya yang strategis, bisa dijadikan opsi untuk tempat berwisata dan menghabiskan waktu di Yogya sebelum menuju bandara.

Untuk menuju Goa Kebon dari pusat kota Yogyakarta dapat ditempuh menggunakan mobil/motor dalam waktu 40 menit. Sedangkan untuk bersepeda, mungkin bisa ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan.ย 

Tiket Masuk Goa Kebon

Tiket masuk ke Goa Kebon adalah Rp. 5000/orang, tergolong cukup murah dengan adanya berbagai fasilitas yang lengkap. Setelah membayar tiket masuk, kita akan turun berjalan menuruni tangga selama 5 menit untuk menuju goa. Tangga disana ada 2 macam, ย yaitu tangga untuk para pejalan kaki dan tangga datar untuk para pengunjung yang ingin membawa sepedanya ke bawah untuk dibawa berfoto didepan Goa Kebon (sepertinya tidak afdol untuk tidak berpose dengan sepeda setelah perjalanan gowesnya ya haha ๐Ÿ˜…)

Menuruni tangga untuk menuju Goa Kebon

Apa Yang Menarik?

Penasaran tidak sih... “Goa Kebon itu sebenarnya Goa atau Air Terjun sih?” Kalau teman-teman ada yang bertanya seperti itu juga, berarti kita mempunyai pertanyaan yang sama haha ๐Ÿ˜‚ ย Tetapi itulah yang membuatnya menarik karena kita jadi penasaran. “Ini Goanya yang mana?”

Mulut dari Goa Kebon yang tertutup air terjun

Yup.. gambar diatas adalah Goa Kebon! Jadi sebenarnya goa-nya itu ada dibawah air terjun. Ketika musim penghujan, Goa akan tertutup oleh air, sehingga Goa-nya jadi tidak terlalu terlihat.ย Menurut warga sekitar, Goa tersebut panjang sampai ke dalam, tetapi memang terlalu sempit dan kecil untuk dilalui.ย 

Karena curah hujan yang tinggi pada waktu saya berkunjung, Goa Kebon akan terlihat seperti kolam untuk berendam. Airnya yang berwarna hijau muda, membuat saya dan Dek Rika ingin njegor (berendam), tetapi sayangnya kita tidak membawa pakaian ataupun handuk. Tidak ada yang terpikir kalau goanya berubah jadi air terjun ketika musim hujan haha ๐Ÿ˜‚ย Alhasil, kita hanya merasa jealous melihat anak-anak kecil yang bermain dan berendam di air yang sejuk.

Kolam di Goa Kebon
Air di kolam Goa Kebon berwarna putih dari kandungan kapur disekitar daerah Kulon Progo

Flying Fox Di Goa Kebon??

Setelah puas dengan pemandangan Goa, akhirnya kita memutuskan untuk pulang. Eh.. dalam perjalanan menuju ke tempat parkir, saya dan Dek Rika tanpa sengaja melihat pos yang menawarkan aktifitas Flying Fox. Tanpa pikir panjang kita langsung mendaftar untuk mencoba Flying Fox di Goa Kebon ini.

Tarif untuk Flying Fox ini juga terjangkau, yaitu Rp 15.000/orang atau Rp 25.000/ 2 orang secara bersamaan/tandem (berat total max 130kg).

Karena saya dan Dek Rika orangnya suka ketagihan dalam traveling, kita akhirnya mencoba kedua opsi tersebut. Yaa sekalian bisa berkontribusi untuk pelestarian wisata lokal (hehe ๐Ÿ˜). Oiya, ternyata tempat wisata Goa Kebon ini 100% dikelola oleh masyarakat sekitar sendiri. Bahkan remaja-remaja warga sekitarlah yang juga bekerja sebagai operator Flying Fox-nya. Jadi salut dan bangga sama warga sekitar dalam melestarikan wisata alam ini.

Persiapan Flying Fox di Goa Kebun
Persiapan untuk mencoba Flying Fox

Agak deg-degan untuk mencoba Flying Fox pertama kalinya, karena saya memang belum pernah mencoba haha (dari dulu ingin mencoba sewaktu Pramuka tapi tidak pernah kebagian ๐Ÿ™ƒ) Tetapi rasa penasaran dan pemandangan background air terjun Goa Kebon membuat saya berani untuk mencoba. Jalur Flying Fox-nya pun juga tidak terlalu panjang, sekitar 25 meter, jadi hanya memerlukan waktu 10 detik untuk melesat dari ujung ke ujung.

Setelah mencoba pertama kali, jadi ketagihan dan mencoba untuk kedua kalinya bersama-sama dengan Dek Rika. Ternyata Flying Fox itu seru banget ya jadi ingin mencoba lajur yang lebih panjang! ๐Ÿคช

Flying fox-nya human 10 detik tapi fotonya 5 menit gelantungan ๐Ÿ˜‚

Itulah cerita singkat perjalan saya ketika di Kulon Progo, Yogyakarta. Pastinya jangan lupa mampir ke Goa Kebon ketika mengunjungi Kulon Progo! Tempat wisata alam ini recommended banget untuk teman-teman yang suka dengan jalan-jalan santai. Jadi penasaran banget untuk mengunjungi Goa Kebon lagi ketika airnya surut, biar bisa lihat goa-nya secara jelas. Until Next Time!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Related Articles

This Post Has 14 Comments

  1. wah baru tau di Jogja ada tempat seeksotis ini.. Masya Allah, terimakasih infonya kak. Kalau ke jogja aku juga mau mampir, seru sekali

  2. Ko saya belum ngerti ya? Hehe … Jadi goanya ketutupan air karena lg musim hujan kan ya? Nah kalo misalkan lg musim kemarau, terus kita mau masuk ke goa, tetep harus nyelam dulu ya?

  3. ya ampuuun bertahun-tahun aku di jogja dan baru tau tempat ini justru dari blogmu mba. duh mana keren dan murah pula. kapan ya bisa kesana?

  4. Wah, beruntung sekali ya, punya rumah dekat dengan tujuan wisata seperti itu. Kalau pengin cari pemandangan sebagai pelepas penat, jadi bisa langsung cuss gak pakai capek.

  5. Wah seru juga ya main flying fox di goa.. Air terjun juga cantik dan puas cuci mata menikmati pemandangan alam Kulonprogo ya..

  6. Aku nggk bisa berenang mbak. Walaupun pakai pelampuang masih radaยฒ takut. Semoga nanti punya keberanian๐Ÿฅฒ

  7. Eh kok menarik banget.. berarti kalau mau masuk goa itu harus pas lagi musim yang cerah gitu ya. Kalau lagi penghujan jadinya goa kerendeman air xD..

    Tapi fasilitasnya cukup asyik ga soalnya ada flying fox harganya juga murah banget ya itu huhu. Jadi penasaran deh ke sana

  8. wah asyik banget ituuuuu. kalau jalur sepeda berarti jalannya turun ya, mbak? nah ini jadi peer nanti pas naiknya, hahaha. tapi okelah. akan lebih menantang dan menyenangkan sepertinya. kapan ya bisa main lagi

  9. Dengan tiket haragsegtu dapat pemandagan yang luar biasa kek gini wahh…. sungguh ciptan Allah Masya Allah banget ya mbak, menjelajahi alam akan membuat kita lebih banyak bersyukur akan KaruniaNya.

  10. tempatnya rindang, adem dan bersih ya kak…mkasih infonya ada destinasi wisata baru

  11. Tiket maauknya murah banget ya… Berapa jam ini mba klo dr pusat kota?

  12. Wahh aku kemaren ke yogya belum sempet kesana… bisa jadi salah satu tujuan nih klo kesana lgi … makasih ya mba infonya

  13. Wah, menarik sekali goanya. Tapi saya ga berani kalau masuk-masuk goa gitu, mbak ๐Ÿ˜„

    Btw, dengan tiket yang terjangkau kita bisa dapetin pemandangan cantik dan pengalaman seru, cihuy bener.

Leave a Reply

Terima Kasih Sudah Membaca ๐Ÿ’›

Aqmarina

Travel Blogger

Iโ€™m a fan of traveling and taking pictures along the way, including that feeling of waking up in difference places and getting the excitement of talking to other people about their travel stories, or just simply enjoying the moment.

Aqmarina

Instagram
Popular Stories
Ads
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia
Let's Explore!
Community
Close Menu